Mojokerto, BeritaTKP.com – Sejumlah anggota Unit Reskrim Polsek Jatirejo Polres Mojokerto bekuk pelaku percobaan pencurian kotak amal di Masjid Baiturohman. Penangkapan pelaku berlangsung lancar berkat barang bukti berupa sepeda motor yang tertinggal.

Pelaku pencurian tersebut bernama Ulum (45), seorang warga asal Dusun Unengan RT 014 RW 005, Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Pencurian kotak amal tersebut di Masjid Baiturohman yang terletak di Dusun Sumberaji, Desa Karang Jeruk, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Ulum melakukan aksinya pada Selasa (9/8/2022) lalu, sekitar pukul 01.00 WIB, dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat nopol S 4778 NKB warna hitam, pelaku datang ke lokasi dan menghampiri kotak amal yang ada di teras Masjid Baiturohman.

Nahasnya, saat melakukan aksinya, ulum dipergoki oleh salah satu perangkat desa. Saksi melihat ada seseorang yang mencurigakan dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat warna hitam berhenti di halaman masjid dan duduk di gazebo depan Masjid Baiturohman. Selang beberapa menit orang tersebut pergi ke arah barat kemudian kembali lagi ke masjid.

Orang tersebut memarkir sepeda motornya di halaman masjid dan menuju ke teras masjid sambil mematikan lampu. Orang tersebut kemudian menuju ke kotak amal sehingga saksi meminta bantuan kepada warga karena saksi melihat ada seseorang yang sedang mencongkel kotak amal masjid.

Sayangnya, saat hendak ditangkap, pelaku berhasil melarikan diri dan sepeda motor miliknya tertinggal. Aksi percobaan pencurian tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Jatirejo beserta barang bukti motor Honda Beat S 4778 NKB milik pelaku ditambah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Selain itu turut diamankan satu buah tas cangklong warna putih, satu buah obeng, satu buah pisau sangkur dengan pegangan warna biru, satu gergaji besi, satu buah linggis atau kubut kecil, satu buah pleser, satu buah tang dan satu buah kotak amal waran putih yang berisi uang tunai sebesar Rp2.564.800.

“Dari barang bukti tersebut, pelaku akhirnya bisa diamankan di rumahnya di Dusun Unengan RT 014 RW 005, Desa Sekargadung, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto. Pelaku dijerat Pasal 363 ayat ( 1 ) ke ( 5 ) Subs Pasal 363 ayat 1 ke (5 ) Jo pasal 53 KUHP,” jelas Kasi Humas Polres Mojokerto, Ipda Tri Hidayati, Selasa (4/10/2022). (Din/RED)