Bupati Panen Sayuran Hidroponik Perdana

0
236

Probolinggo, BeritaTKP.Com — Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE melakukan penandatanganan prasasti peresmian lokasi pengembangan hidroponik Gapoktan Alam Hijau Desa Mojolegi Kecamatan Gading, Selasa (28/2/2017). Peresmian ini juga dimeriahkan dengan penanaman dan panen sayuran hidroponik perdana.

Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari dan sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Probolinggo. Tidak ketinggalan pula sejumlah kelompok tani yang ada di Kecamatan Gading.

Rombongan Bupati Tantri langsung disambut oleh Ketua  Gapoktan Alam Hijau beserta segenap pengurus dan perwakilan dari PT PJB Paiton. Serta pelaku hidroponik Desa Mojolegi Kecamatan Gading Abdul Aziz.

Sambil melihat-lihat dari dekat tanaman sayuran hidroponik tersebut, Bupati Tantri memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Menurutnya, ini adalah sebuah peluang yang harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

“Tolong masukkan sayuran hidroponik ini ke swalayan-swalayan besar di Surabaya. Karena pangsa pasar disana sangat menjanjikan. Jangan lupa juga untuk dipasarkan secara online. Saya kagum dengan inovasi tanaman sayuran hidroponik ini,” katanya.

Sementara Kepala DKPP Kabupaten Probolinggo Ahmad Hasyim Ashari menyampaikan bahwa pengembangan lokasi sayuran hidroponik ini merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan desa organik.

Karena tugas kami tidak hanya mampu memproduksi saja, tetapi bagaimana hasil produksi itu aman untuk dikonsumsi. Sehingga target ke depan bagaimana memaksimalkan penggunaan pupuk organik melalui tanaman sayuran hidroponik,” katanya.

Menurut Hasyim, pengembangan lahan hidroponik ini merupakan solusi dalam menjaga keamanan pangan dan menyikapi kekurangan pupuk. Disamping juga menghadapi lahan yang berkurang. “Semoga dengan lahan hidroponik ini pendapatan dan kesejahteraan petani bisa meningkat,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tantri juga menyerahkan hadiah kepada pemenang kontes tanaman yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo. Dimana juara 1 diraih Kelompok Bunga Harapan dari Desa Gading Wetan, juara 2 diraih Kelompok Bunga Harapan Desa Gading Wetan dan juara 3 diraih Kelompok Sumber Abadi Desa Sumber Secang. @Ridwan