Setengah atap di Pendopo Pemkab Gresik terlihat ambruk.

Gresik, BeritaTKP.com – Separuh dari atap naungan milik di Pendopom Pemkab Gresik ambrol. Dikatakan alasan ambruknya atap tersebut dikarenakan kayu sebagai penyangga sudah lapuk termakan usia. “Iya benar, sudah rapuh. Sudah tua juga pendoponya,” kata Kepala Bagian Umum Pemkab Gresik, Hermawan, Minggu (13/11/2022) kemarin.

Hermawan mengatakan bahwa pendopo tersebut ambruk sekitar pukul 14.30 WIB. Meski atap yang ambruk hanya setengah, pihaknya berencana akan merobohkan semua bangunan pendopo tersebut agar tidka membahayakan. “Ambruk separuh, tapi rencana kita robohkan semuanya agar tidak membahayakan. Tadi tidak ada korban jiwa,” tambah Hermawan.

Sementara itu, Bupati Gresik, Fandi Ahmad Yani membenarkan pendopo tersebut ambruk. Selain faktor usia, penyebab ambruknya bangunan tua itu juga disebabkan karena hujan. “Iya karena hujan dan sudah tua juga. Nanti akan dirobohkan semua dan akan diganti dengan taman,” kata Gus Yani.

Berdasarkan keterangan dari pantauan yang dilakukan di lokasi pada Minggu (13/11/2022) kemarin, masih tersisa tiga atap pendopol yang masih berdiri. Sejumlah petugas pemadam kebakaran Gresik juga terlihat melakukan pembersihan puing-puing reruntuhan. (Din/RED)