Bangkalan, BeritaTKP.com – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangkalan, Kanwil Kemenkumham Jatim bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas Bangkalan pada hari ini jum’at 11/11 mengadakan kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat “GERMAS”. Kegiatan Germas merupakan gerakan untuk mengajak Masyarakat untuk membudayakan hidup sehat dan mampu mengubah kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

Dalam kegiatan ini sebanyak 58 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Bangkalan kategori Pralansia dan Lansia mengikuti dengan penuh semangat. Kegiatan diawali dengan Sosialisasi Kesehatan oleh Petugas Klinik Rutan Bangkalan, dimana dalam sosialisasi kali ini menekankan pentingnya menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk para Lansia.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas Bangkalan. Kegiatan pemeriksaan meliputi pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pengukuran lingkar perut, tensi dan Gula Darah.

Kegiatan Germas ini akan terus dilakukan Rutin kepada Warga Binaan Rutan Bangkalan setiap tiga bulan sekali. Diharapkan dengan kegiatan ini, kesehatan Warga Binaan Khususnya untuk Pralansia dan Lansia dapat dimonitoring secara berkala. (Ismail)