Pelaku saat diamankan di Polsek Pandaan.

Lumajang, BeritaTKP.com – Tri Wicaksono (25), pemuda asal Dusun Sumberjaya, Desa Tempeh lor, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang menjadi samsak hidup warga setelah terpergok hendak mencuri sepeda motor Honda Vario 160 di Dusun Rajeg, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Polres Pandaan yang mendapatkan laporan adanya aksi pencurian motor, segera merapat ke lokasi. “Setelah menenangkan amarah warga, tersangka kami amankan ke Mapolsek Pandaan,” jelas Kanit Reskrim Polsek Pandaan, Polres Pasuruan, Iptu Budi Luhur, Senin (14/11/2022).

Berdasar hasil pemeriksaan keterangan yang dilakukan pihak kepolisian, saat itu di TKP tengah berlangsung hajatan pernikahan. Banyak orang lalu lalang memarkir sepeda motor untuk masuk ke lokasi hajatan.

Tersangka mendatangi TKP dengan memanfaatkan kelengahan warga di situasi keramaian untuk melakukan pencurian pencurian sepeda motor Honda Vario 160 milik korban. Pada saat tersangka meniki motor korban dan menuntunnya, aksinya terpergok oleh warga. Saat ditanyai, tersangka mengaku mau mengambil motor istrinya. Warga yang tidak percaya begitu saja pun mengkroscek ke yang punya hajat. Hasilnya, tersangka ternyata berbohong dan kemudian langsung dihajar warga beramai-ramai,” tandasnya.

Akibat perbuatan tersangka, polisi menjeratnya dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan. (Din/RED)