Kediri, BeritaTKP – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar panggung kebangsaan di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) (13/11).

Panggung kebangsaan ini merupakan rangkaian acara gebyar kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan dan Hari Bela Negara yang diadakan selama tiga hari, Sabtu-Senin, 12-14 November 2022.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kediri Sujud Winarko mengatakan dengan adanya panggung kebangsaan ini diharapkan bisa menanamkan pendidikan seni budaya bangsa kepada anak-anak sejak dini.

“Dimana seni budaya ditempatkan untuk membangun kepribadian bangsa dan anak-anak kita menjadi bangsa yang mencintai perdamaian, persaudaraan, kasih sayang, toleransi, saling menghargai dan menghormati, dan merupakan nilai sikap dan perilaku yang menunjukan budaya peradaban bangsa yang luhur,” ujarnya.

Sehingga panggung kebangsaan ini sangat positif untuk meningkatkan wawasan seni budaya, pengetahuan dan kreatifitas untuk mengembangkan seni dan budaya serta menjadi salah satu wadah dalam menjaga dan melestarikan budaya.

“Saya berharap melalui pertunjukan seni budaya ini bisa memotivasi kita semua untuk dapat menumbuh kembangkan potensi budaya daerah khususnya budaya di Kabupaten Kediri,” harap Sujud.

Panggung kebangsaan diisi dengan pagelaran pentas seni dan budaya, seperti musik kontemporer dan Pertunjukan tari nusantara dan kolaborasi barongsai dengan jaranan. Hal ini menjadi salah satu wadah pertunjukan dan seni yang mendidik dan mengandung pesan moral budaya bangsa. Dari seni bisa digambarkan bahwa Indonesia memiliki beraneka ragam seni dan budaya yang mencerminkan budaya gotong royong, toleransi, hidup berdampingan dan saling menghargai dalam kesatuan bhinneka tunggal ika.(Kom/Mur)