Surabaya, BeritaTKP.com – Komplotan pencuri satroni sebuah gudang di Jalan Mentor 16, Putat Jaya, Surabaya, pada Minggu (13/11/2022) lalu, sekitar pukul 04.00 WIB. Aksi dua orang pria tersebut terekam CCTV saat mencuri truk engkel Hino warna hijau L 8202 AY dan pikap L 9096 PL milik Erwin Istanto Jaya (26). Tak hanya itu, pelaku juga menggasak lima set springbed dan sebuah ban mobil.

Erwin Istantojaya selaku Pemilik gudang tersebut mengatakan aksi pencurian baru diketahui setelah para karyawannya masuk kerja, Senin (14/11/2022) kemarin, sekitar pukul 08.00. Saat itu truk dan mobil pikap sudah lenyap. Setelah dicek melalui rekaman CCTV, pelaku beraksi pada Minggu (13/11) sekitar pukul 04.00. “Pencuri dua orang pakai Honda Vario putih. Beraksi sekitar pukul 04.00 mencuri truk engkel Hino warna hijau dan pikap,” ujar Erwin.

Aksi pencurian oleh terduga pelaku terekam CCTV.

Lanjutnya, pelaku datang ke lokasi pada pukul 04.00 WIB, lalu membuka gembok selama 7 menit. Sekitar pukul 04.20 WIB, pelaku sudah menyalakan mesin truk dan  membawa keluar truk dari dalam gudang. “Selang empat menit kemudian kembali. Pakai Vario putih pelaku mencuri pikap,” sebutnya.

Selain dua kendaraan tersebut, pelaku juga menggasak lima set springbed, sebuah ban mobil baru diangkut menggunakan kendaraan curian. Menurut Erwin, pelaku dengan mudah membawa kabur truk dan mobil karena kunci masih ada di mobil.

“Kunci mobil ada di mobil. Kerugian total sekitar Rp 350 juta,” ucapnya. Pelaku juga merusak memori salah satu CCTV dan sebuah kamera CCTV yang dipasang di dalam gudang. “Gembok nggak rusak. Kemungkinan orang dalam ada, cuman saya nggak berani ngomong karena orangnya terpercaya semua,” bebernya.

Peristiwa tersebut akhirnya dilaporkan ke Polsek Sawahan untuk ditindak lebih lanjut. “Iya sudah (dilaporkan). Masih periksa (saksi),” ujar Kapolsek Sawahan Kompol Risky Fardian.

Anggota reskrim Polsek Sawahan dan Polrestabes Surabaya telah melakukan pengecekan TKP dan meminta keterangan pemilik. Selain itu, Babinkamtibmas kelurahan setempat juga mendatangi lokasi. (Din/RED)