Sumenep, BeritaTKP.com – Tiga pelaku pembobol toko di Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep, berhasil dibekuk oleh sejumlah aparat dari Polsek Kangayan. Ketiga pelaku tersebut masing-masing bernama; Herman Junaedi (38), warga Desa Saobi, Kecamatan Kangayan; Rizky Umar Makruf (18), warga Desa Sabuntan Kecamatan/ Pulau Sapeken; dan Ahmad Ainur Rofik (18), warga Desa Saobi, Kecamatan Kangayan.

Para pelaku dibekuk karena aksinya cukup meresahkan warga, dimana ketiganya melakukan pencurian uang dan rokok di beberapa toko di wilayah Kecamatan Kangayan. “Tiga tersangka ini telah melakukan pencurian dengan pemberatan di beberapa toko. Sasarannya adalah uang dan rokok,” kata Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Senin (14/11/2022) kemarin.

Terungkapnya aksi meresahkan itu berawal dari laporan Hj. Rupik. Ia mengaku tiga kali mengalami kehilangan uang dan rokok di tokonya. Yang pertama ia mengaku kecurian beberapa pres rokok Surya 12 dan rokok Malboro hitam, serta uang tunai Rp 1.500.000. Dua hari berikutnya, ia kehilangan lagi beberapa pres rokok Surya 12 dan rokok Malboro hitam serta uang tunai Rp 500.000.

Beberapa hari selanjutnya, kejadian serupa kembali terulang. Hj Rupik kehilangan beberapa pres rokok Marlboro merah, Surya 12, dan uang tunai Rp 1.000.000 di dalam tokonya. Akibat tiga kali pencurian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp 8.725.000.

Sementara itu, kejadian serupa juga menimpa toko milik Ustad Rasyid. Uang tunai dan rokok beberapa pres, hilang dicuri. Selain itu, pencurian uang tunai dan rokok juga terjadi di toko Hasinuddin, dan toko milik Erna, di Desa Saobi.

“Sebelum Erna ini kehilangan rokok dan uang di tokonya, ternyata tersangka bernama Herman ini pernah menjual rokok Surya dan Marlboro ke tokonya. Awalnya Erna tidak curiga, sampai kemudian ia sendiri menjadi korban pencurian rokok dan uang tunai,” terang Widiarti.

Tak berselang lama, tersangka Herman kembali ke toko milik Erna, menawarkan beberapa pres rokok Marlboro. Erna pun curiga dan menghubungi Hj. Rupik, menyampaikan jika ada orang yang menjual beberapa press rokok dengan ciri-ciri bertuliskan 245 di pembungkus rokok, persis seperti rokok yang dicuri dari toko Hj. Rupik.

“Warga pun melaporkan kejadian itu ke Polsek, dan petugas langsung meringkus tersangka Herman. Ia mengakui telah melakukan pencurian rokok dan uang tunai di beberapa toko bersama Rizky, Rofik, dan Rafi. Untuk Rafi saat ini masih dalam pengejaran aparat kepolisian,” ungkap Widiarti.

Tiga tersangka itupun diamankan di Polsek Kangayan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. “Mereka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara,” ujarnya. (Din/RED)