Pangkalpinang, BERITATKP.COM – Polres Pangkalpinang bersama Pemerintah Kota dan TNI menggelar apel kesiapsiagaan Penanggulangan bencana Hidrometeorologi Kota Pangkalpinang Tahun 2022 yang bertempat di halaman apel Mapolres Pangkalpinang Jalan Ahmad Yani, Rabu (16/11).

Apel yang dipimpin langsung Kapolres Pangkalpinang AKBP Dwi Budi Murtiono, S.IK M,H tersebut turut diikuti oleh Forkopimda Kota Pangkalpinang, personil TNI Kodim 0413/Bangka, Satuan Pamong Praja Kota Pangkapinang, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, BPBD Kota Pangkalpinang, Tagana Kota Pangkapinang, dan Personil Polres Pangkalpinang.

Dalam arahannya Kapolres Pangkalpinang menuturkan apel ini menjadi hal wajib untuk semua lintas sektor dalam menghadapi musim hujan sebagai langkah konsolidasi semua komponen pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.

Ini merupakan bentuk tanggung jawab kita bersama dalam memberikan rasa aman dalam upaya mengurangi bencana pada masyarakat, terutama masyarakat yang hidup di daerah rawan bencana, tutur Kapolres. “Bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang diakibatkan parameter seperti curah hujan, kelembapan, temperatur dan angin. Mulai dari banjir, angin puting beliung, longsor dan abrasi”.

“Perlunya kesadaran serta kerja sama yg baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat untuk menanggulangi bencana alam,” tegas Kapolres AKBP Dwi Budi.

Selain itu, ditempat yang sama Kapolres, mengungkapkan apel kesiapsiagaan Penanggulangan bencana ini untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap warga/masyarakat khususnya di wilayah Kota Pangkalpinang terhadap potensi bencana alam untuk ikut andil dalam pencegahan maupun penanggulangan pasca terjadinya bencana alam.

Apel ini juga merupakan momentum yang tepat bagi pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi semua unsur Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, Dunia, Uasaha dan Semua relawan.

Kita tahu bahwa bencana alam merupakan sesuatu yang sulit diprediksi, namun kita bisa melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak dampak yang akan timbul dari bencana. Kapolres sampaikan pada, Apel kesiapsiagaan bencana tahun 2022, Kota Pangkalpinang pada hari ini bertujuan untuk meningkatkan

kesadaran dan gotong royong seluruh elemen masyarakat terhadap bencana yang juga menjadi ancaman bagi stabilitas Pemerintah Daerah maupun Nasional.

Usai melakukan apel bersama, Kapolres Pangkalpinang bersama Forkopimda Kota Pangkalpinang melakukan pengecekan kesiapsiagaan sarana dan prasarana penanggulangan bencana yang dimiliki Dinas dan Instansi terkait di Kota Pangkalpinang.

“Kita bersama-sama memastikan alat-alat yang kita miliki dalam penanggulangan bencana dalam keadaan baik dan siap untuk digunakan, ini sebagai tindakan mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi bencana alam apapun di wilayah Kota pangkalpinang,” ungkap Kapolres(FTY)