Jembatan Antardesa di Banyuwangi Ambrol, Akses Jalan Dialihkan Sementara

Banyuwangi, BeritaTKP.com – Sebuah jembatan penghubung antardesa di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, ambrol akibat hujan deras. Jadi akses jalan menuju dua desa tersebut pun terputus total. Padahal Jembatan yang ambrol tersebut merupakan jalur penghubung Desa Songgon dan Desa Bayu di Kecamatan Songgon Banyuwangi.

Tak hanya itu, hujan yang terjadi pada Jum’at (18/11/2022) kemarin malam tersebut membuat sungai meluap. Sampah pun menyumbat gorong-gorong hingga menggerus Penahan jembatan. Imbas dari jembatan ambrol ini pengguna kendaraan yang hendak melintas harus dialihkan sementara.

Kapolsek Songgon AKP Eko Darmawan membenarkan ambrolnya jembatan penghubung dua desa itu. Ambrolnya jembatan penghubung dua desa ini berada di perbatasan antara Dusun Gumuk Candi, Desa Songgon dan Dusun Tegalrejo, Desa Bayu. “Iya ambrol sejak semalam karena hujan deras. Hujan terjadi mulai siang hingga malam hari,” ujarnya , Sabtu (19/11/2022).

Forpimka bersama Pemdes dua desa langsung menuju lokasi begitu mendapat laporan dari masyarakat. Mereka kemudian menutup jalur tersebut dan memberikan tanda larangan lewat. “Sudah diumumkan ke warga desa,” tegasnya.

Eko menduga, penyebab ambrolnya jembatan tersebut akibat rembesan air yang terlalu besar imbas dari luapan air sungai.

Sementara jembatan dengan lebar 2 meter dan panjang 4 meter tersebut terbuat dari tumpukan batu tanpa pilar pondasi sehingga tidak kuat menahan arus.

Akibat kejadian tersebut ruas jalan penghubung dua desa tidak bisa dilewati kendaraan atau tutup total dan dialihkan ke jalur lain. (Din/RED)