Kegiatan Rutin Kerja Bakti di Lingkungan Rt 02/03 – Desa Mulyoagung

Malang,Berita TKP Com- Warga Rt 02/03 Perum Villa Sengkaling sangat antusias membersihkan lingkungan di sekitar  perumahan,karena menyadari

Lingkungan adalah tempat dimana kita memulai aktivitas sehari-hari. Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan merupakan suatu kebiasaan yang harus ditanamkan diusia dini.Hal ini perlu dilakukan karena dengan terus berusaha untuk menjaga kebersihan lingkungan,maka tindakan tersebut merupakan bentuk kepedulian kita terhadap diri sendiri dan orang lain.Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman kita harus selalu menjaga lingkungan sekitar kita agar tetap bersih, jangan pernah membuang sampah sebarangan karena itu adalah salah satu faktor merusak lingkungan.

Sampah merupakan salah satu faktor penyebab kerusakan lingkungan. Sampah adalah bahan yang dibuang sebagai sisa dari produksi industri dan rumah tangga. Sampah adalah bahan buangan yang merupakan hasil aktivitas manusia dan alam, karena unsur atau fungsinya sudah diadopsi, tidak lagi dimanfaatkan. Setiap aktivitas manusia pasti menghasilkan limbah atau sampah.

Tujuan utama kita melaksanakan kerja bakti tingkat Rt bukan sekedar membersihkan lingkungan sekitar rumah masing-masing,yang paling utama menciptakan kebersamaan kekompakan sesama warga Rt, untuk menciptakan lingkungan bersih.

Salah satu contoh cara menjaga lingkungan adalah membuang sampah pada tempatnya, tidak menebang pohon secara liar dan lain-lain.Jika lingkungan hidup kita rentan dengan yang namanya kotor, tentu saja kita tidak bisa hidup dengan nyaman dan akan menimbulkan banyak penyakit, dengan itu kita harus beramai-ramai menjaga kelestarian lingkungan salah satunya dengan bergotong royong membersihkan lingkungan atau yang disebut kerja bakti,pesan Pak Rt 02 Narko.

“Karena indonesia memiliki beragam budaya yang menjadi identitas masyarakat sejak dahulu,salah satunya gotong royong dalam melakukan kerja bakti.Kerja bakti merupakan salah satu rutinitas budaya yang sudah melekat dimasyarakat.Kerja bakti adalah kegiatan gotong royong yang tidak mengharapkan upah ataupun imbalan (sukarela). Masyarakat diminta untuk meluangkan waktunya untuk bahu membahu membangun desa tanpa keluh kesah demi menuju desa yang mandiri,maju, dan sejahtera.

Kerja bakti merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membuat lingkungan menjadi lebih bersih, nyaman, dan memperindah lingkungan.Kerja bakti adalah salah satu wujud dari kegiatan gotong royong antar warga masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kerja bakti dilakukan dengan tujuan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan asri, serta menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya.Selain bermanfaat menjaga lingkungan,kerja bakti juga bermanfaat untuk menjaga kekompakan dan keakraban antar lingkungan masyarakat.Ini karena saat melakukan kerja bakti,warga saling bekerja sama satu sama lain.Saat melakukan kerja bakti juga semua saling tolong menolong untuk tujuan yang sama, yakni menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

Dari sikap kerja sama dan saling tolong menolong ini, dapat terjalin kekompakan dan keakraban antar warga.

Tidak banyak yang menyadari bahwa kerja bakti merupakan salah satu perwujudan dari gaya hidup hijau atau gaya hidup ramah lingkungan.Karena lingkungan yang bersih dan sehat sangat mempengaruhi kesehatan orang-orang disekitarnya. Apalagi saat ini banyak virus penyakit yang bisa tersebar dengan mudah jika kita berada dilingkungan yang kotor dan tidak sehat.Walaupun kita menyadari bahwa lingkungan sehat sangat penting bagi kehidupan diri kita sendiri dan orang lain, tapi nyatanya masih banyak yang menyepelekan untuk menjaga kebersihan lingkungan.Maka dari itu mari wujudkan lingkungan yang bersih dan sehat untuk kesejahteraan hidup kita bersama.

Kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar masih nampak dan selalu eksis di wilayahku.Salah satunya dilakukan oleh ibu-ibu sekitar rumah lebih tepatnya di desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Ibu-ibu tersebut kompak membersihkan rumput disekitar rumahnya masing-masing, menyapu sampah yang ada disekitar rumah dan disepanjang jalan, dan setelah sampah itu terkumpul sampah tersebut dimasukkan kedalam keranjang sampah yang telah disediakan sebelumnya dan membuangnya ditempat gerobak yang tersedia nantinya petugas sampah yang akan membawa ke TPS.

Kegiatan ini juga bisa meningkatkan rasa solidaritas antar warga desa Dau (warga sekitar rumah) dalam kepekaan mereka dan ikut serta menjaga kebersihan lingkungan.Dan kegiatan kerja bakti ini juga salah satu upaya agar warga desa khususnya warga Perum Villa Sengakaling menyadari tanggungjawab mereka akan kebersihan dan kesehatan dilingkungan sekitar.Saya juga berharap kegiatan gotong royong ini tidak hanya dilakukan ibu-ibu disekitar rumah  saja tapi juga bisa dilakukan oleh semua warga Rt yang lain dan saya juga berharap bisa mengadakan program kegiatan kerja bakti paling tidak dua minggu sekali agar lingkungan  tetap terjamin kebersihannya dan juga lebih nyaman untuk ditempati.

Upaya lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.[Imam B]