Gempa Bumi Magnitudo 4,1 Landa Kabupaten Probolinggo

Probolinggo, BeritaTKP.com – Masyarakat Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo dikejutkan dengan gempa bumi berkekuatan 4,1 M yang melanda wilayah mereka, pada Rabu (23/11/2022) kemarin, sekitar pukul 17.45 WIB.

Salah satu warga bernama Rohim mengaku kaget dengan adanya getara yang dirasakannya usai melaksanakan ibadah salat magrib. “Selesai salat magrib pas ada gempa, untuk waktunya sebentar, sekitar satu sampai dua detik lah kira-kira,” katanya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Pasuruan, Rully Oktavia Hermawan dalam rilis resminya mengatakan, gempa dengan kekuatan M=4,1itu terjadi pada jarak sekitar 14 KM timur laut Kabupaten Probolinggo, pada kedalaman 6 KM. “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Probolinggo,” jelasnya.

Ia mengatakan, dampak yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG serta berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kecamatan Paiton, Pakuniran, Kota Anyar Kabupaten Probolinggo dan Banyuglugur Kabupaten Situbondo.

Ia menambahkan, berdasarkan pemantauan dari BMKG hingga pukul 18:31 WIB, tidak ada aktivitas akan terjadi gempa susulan. (Din/RED)