Imbas Gempa 4,1 SR, 3 Tembok Rumah Milik Warga Probolinggo Retak

Probolinggo, BeritaTKP.com – Setelah dilanda gempa berkekuatan 4,1 SR, sejumlah rumah warga di Probolinggo dilaporkan mengalami kerusakan. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Rachmad Waluyo mengatakan, untuk sementara, ia mendapatkan informasi bahwa ada 3 rumah warga yang temboknya retak imbas dari gempa yang terjadi di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar, Probolinggo.

Sejumlah personel dari BPBD Probolinggo dikerahkan untuk melakukan asesmen. Mereka juga melakukan pendataan dampak gempa bumi tektonik pada Rabu (23/11/2022) kemarin. Kalaksa BPBD juga mengatakan pihaknya masih akan terus berada di lokasi terkena dampak getaran gempa tektonik tersebut.

Gambar ilustrasi.

“Sampai saat ini tim masih menghimpun data, antara lain di Kecamatan Kotaanyar, Kecamatan Paiton, Kecamatan Pakuniran dan Kecamatan Besuk,” ujar Rachmad.

Ia mengimbau warga agar tidak panik dan tetap waspada. Apalagi pihaknya selalu bersiaga jika terjadi bencana. “Masyarakat tidak perlu panik. Namun, harus tetap waspada,” jelas Rachmad.

Data BMKG Juanda menyebutkan gempa tektonik Magnitudo 4,1 melanda Kabupaten Probolinggo. Titik gempa berada 14 km timur laut Kabupaten Probolinggo dengan kedalaman 6 km.

Beberapa warga di wilayah Kecamatan Kraksaan, Kecamatan Pakuniran, Kecamatan Besuk, Kecamatan Kotaanyar, dan Kecamatan Paiton, merasakan getaran gempa itu. (Din/RED)