Hujan Deras Mengguyur Wilayah Bojonegoro, Akibatnya Sungai Pacal Meluap dan Merendam Ratusan Rumah Warga

Bojonegoro, BeritaTKP.com – Setelah turunnya hujan deras di area Bojonegoro, Jum’at (25/11/2022) kemarin. Air Sungai Waduk Pacal meluap hingga merendam sejumlah desa yang ada di kawasan tersebut.

Beberapa daerah yang terkena dampak luapan air sungai tersebut adalah Kecamatan Sokosewu, Kecamatan Balen, dan beberapa kecamatan terdekat lainnya.

Tentu saja, air banjir tak luput merendam sejumlah fasilitas umum di beberapa kecamatan yang sudah disebutkan tadi, seperti; sekolah dan mushala. Akibatnya, aktivitas ibadah warga dan belajar anak-anak setempat menjadi terganggu.

Kepala Desa Sidobandung, Kecamatan Balen, Sujikan, menyampaikan, banjir di desanya menggenangi jalan poros, 230 rumah warga, serta sawah seluas 4 hektar.

Kondisi rumah warga Desa Sidodadi, Kecamatan Sukosewu yang terendam banjir.

“Sejumlah fasilitas umum seperti satu gedung sekolah dasar, balai desa, mushala, lapangan futsal, lapangan sepak bola dan tiga lokasi pemakaman umum juga sempat tergenang banjir,” kata Sujikan, Jumat (25/11/2022) kemarin.

Meski saat ini banjir mulai surut, tetapi masih ada genangan setinggi 5 sentimeter di sejumlah rumah warga.

Hal yang sama disampaikan oleh Kades Sidodadi, Kecamatan Sukosewu, Doni. Menurutnya, genangan air yang menerjang desanya sudah mulai bergeser ke desa sebelah, yakni ke Desa Kedaton, Kecamatan Kapas. Meski begitu, masih ada sekitar 25 rumah yang masih terendam. “Selain itu ruas jalan Jembatan Gempol setinggi kurang lebih setengah meter tadi,” ungkapnya.

Doni menyampaikan, banjir di desanya tersebut merupakan langganan dan selalu bergantian dari desanya ke desa yang lain yang lebih rendah. “Sehingga desa yang di lewati sungai dari Waduk Pacal dipastikan akan tergenang banjir kiriman tersebut,” ungkapnya. (Din/RED)