BPBD Jakarta Catat Ada 5 RT di Jakut Direndam Banjir Rob

ILUSTRASI

Jakarta Utara, BeritaTKP.com – Banjir rob yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta Utara, BPBD DKI Jakarta mencatat setidaknya ada lima titik atau RT dan ruas jalan terdampak banjir rob.

“Saat ini terdapat satu ruas jalan tergenang dan lima RT atau 0,016 % dari 30.470 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji dalam keterangannya, Sabtu (26/11/2022).

Isnawa menjelaskan data itu diambil hari ini pukul 12.00 WIB. Saat ini, banjir rob tengah ditangani Kelurahan setempat, PPSU, BPBD, Damkar, hingga Dinas SDA. Isnawa mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

“BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang mengatakan sejauh ini tidak ada warga yang mengungsi akibat peristiwa banjir rob. Diketahui, banjir rob akan terjadi selama periode 22-28 November 2022.

“Nihil pengungsi,” ujar Michael.

Berikut ini sebaran 5 titik banjir dan genangan air di DKI Jakarta:

  1. Jakarta Utara terdapat 5 RT yang terdiri dari:

– Kelurahan Marunda

Ketinggian 30 cm dengan jumlah 1 RT

Penyebab: ROB

– Kelurahan Pluit

Ketinggian 20-25 cm dengan jumlah 4 RT

Penyebab: ROB

  1. Jalan tergenang terdapat 1 ruas jalan:

– Jalan Lorong M, RT 013 RW 09, Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Jakarta Utara

Ketinggian: 25 cm. (RED)