Penuh Semangat, Mahasiswa Fikom UC Ajak Karang Taruna Lebo Agung Peduli Sampah

Surabaya, BeritaTKP.com – Mahasiswa Fikom UC berkolaborasi dengan Komunitas Bye Bye Plastic Bags Surabaya melakukan kegiatan kampanye sosial “Stop Wasting, More Cleaning” pada Minggu, 27 November 2022.

Kegiatan yang dihadiri oleh pemuda-pemudi Karang Taruna Lebo Agung dikemas dalam materi singkat dan sesi praktik pengelolaan sampah secara langsung.

Peserta diajak untuk mengumpulkan botol plastik bekas minuman sekali pakai yang seringkali digunakan sehari-hari.

(Anggota Karang Taruna memilah sampah botol plastik sekali pakai di halaman Balai RW)

Antusiasme terasa dalam sepanjang praktik mencari dan memilah sampah yang mereka temukan di jalan sekitar Balai RW tempat pelaksanaan kegiatan. Adanya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan membangun kepedulian anggota Karang Taruna tentang sampah yang dapat menjadi faktor utama banjir.

Apalagi Lebo Agung merupakan salah satu wilayah padat penduduk di Surabaya sehingga persentase sampah yang diproduksi cukup tinggi.

“Ketika kami mendapatkan informasi tentang wilayah Lebo Agung, langsung terpikir untuk mengadakan kegiatan seperti ini. Karena sampah bukan hanya menimbulkan bau tak sedap tapi juga bisa bikin cuan dalam banyak aspek kalau dikelola dengan tepat,” papar Clairine selaku ketua acara.

Dalam waktu hanya 30 menit, mereka dapat mengumpulkan botol plastik kurang lebih tujuh karung besar.

“Capek tapi seru,” ucap singkat salah satu anggota dari Karang Taruna Lebo Agung ketika ditanya kesan mengikuti kegiatan ini.

Nabil, perwakilan dari Komunitas Bye Bye Plastic Bag Surabaya membagikan langkah-langkah praktis yang diikuti oleh peserta mulai dari menyortir, melepas kemasan, mencuci hingga mengeringkan botol.

Komunitas Bye Bye Plastic Bags sendiri merupakan komunitas anak muda yang konsen terhadap sampah khususnya sampah plastik. Mereka seringkali terjun untuk membersihkan lingkungan dan mengedukasi banyak anak muda untuk semakin peduli dengan sampah.

(Foto bersama anggota Karang Taruna Lebo Agung, perwakilan Komunitas Bye Bye Plastic Bags Surabaya, dan Tim Mahasiswi FIKOM UC seusai kegiatan)

Mas Dimas sebagai pengurus Karang Taruna RW 02 Lebo Agung menyampaikan bahwa beliau senang atas kegiatan seperti ini apalagi menyasar kepada generasi muda. Ia berharap semangat pemuda-pemudi Karang Taruna tidak berhenti disini saja, melainkan kegiatan ini dapat terus dilanjutkan kedepannya.

Apalagi sempat tercetus ide untuk mulai menggagas hadirnya bank sampah di sekitar wilayah tersebut. Praktik pengelolaan sampah yang dilakukan ini sebenarnya dapat menjadi langkah awal yang baik sebagai mitigasi bencana sekaligus menciptakan lingkungan yang nyaman dan sehat bagi segenap masyarakat. (red)