Demi Biayai Pacarnya di Thailand, Tukang Kebun SD Sidorejo Lamongan Rela Jadi Pencuri

Lamongan, BeritaTKP.com – Seorang office boy di sekolah dasar (SD) Desa Sidorejo, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan terbukti telah melakukan aksi pencuriannya di tempatnya bekerja. Aksi pria bernama Solechan (34), warga jalan Suwoko, desa setempat ini terungkap, pada Senin (28/11/2022) kemarin, setelah seorang saksi menunjukkan bukti rekaman video kepada polisi.

Aksi pelaku yang dilakukan pada Jum’at (12/11/2022) lalu dengan menyasarkan barang berharga milik korban bernama Erna (59), guru SD di tempatnya bekerja, telah diadukan oleh saksi mata, Miftakhul Munir (33) kepada polisi. Lalu oleh Kanit Reskrim, Aiptu Slamet pun direspon dan dilakukan penyelidikan hingga berakhir ditangkapnya pelaku.

Berbekal rekaman video yang diberikan oleh Munir selaku salah satu dewan guru di lokasi, akan digunakan sebagai petunjuk bagi polisi untuk mengendus jejak pelaku. “Ada petunjuk, kemudian kita kembangkan,” kata Kapolsek Deket, AKP Sri Iswati didampingi Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Anton Krisbiantoro, Selasa (29/11/2022).

Pada Senin (28/11/2022) anggota Polsek Deket memperluas penyelidikan dan Ternyata di SD Sidorejo telah banyak kasus kehilangan. Mayoritas kehilangan selalu dialami oleh guru-guru, ketika para dewan guru sedang ada kegiatan di lapangan.

Hasil penyelidikan polisi membuahkan hasil dan mengerucut ke tukang kebun, bernama Solechan. Ada banyak petunjuk yang memperkuat, bahwa pelakunya adalah Solechan.

Saat diinterogasi polisi, semula Solechan hendak beralibi. Ketika ditunjukkan beberapa bukti petunjuk, tersangka akhirnya mengakui semua perbuatannya. “Terduga mengakui sudah beberapakali mencuri di lingkungan sekolah tempatnya mencari nafkah, ” katanya.

Modusnya, pelaku mencuri barang milik guru yang ditinggalkan di ruang kelas atau di kantor. Nah, saat para guru di lapangan, tersangka gerilya mencari barang yang jadi incarannya. Terakhir, Solechan mencuri HP Evercros milik salah satu dewan guru yang akhirnya terungkap dan tersangka diamankan.

Tersangka masih intens diperiksa oleh penyidik untuk pengembangan kasusnya. Dalam pengakuannya, Solechan mengaku melakukan pencurian sebab ingin memenuhi kebutuhan wanita kenalannya yang saat ini sedang bekerja sebagai TKW di Thailand.

Wanita yang diakui sebagai pacarnya setelah istrinya Solechan  meninggal itu kerap meminta kiriman uang. Jadi uang hasil barang curian itu, akan ditransfer Solechan ke Thailand. “Katanya pacarnya itu sering minta uang untuk beli kucing dan kebutuhan lainnya, ” ungkap Iswati. (Din/RED)