Kuli Bangunan di Cirebon Nyambi Jadi Pengedar Sabu Diciduk Polisi

ILUSTRASI

Cirebon, BeritaTKP.com – Seorang kuli bangunan berinisial HS asal Kota Cirebon, Jawa Barat, dibekuk polisi setelah kedapatan mengedarkan narkotika jenis sabu-sabu. HS berdalih bahwa dia membutuhkan uang untuk membiayai sekolah anaknya.

“Karena butuh uang pak. Untuk bayar SPP anak saya,” kata pria berusia 42 tahun di Mapolres Cirebon Kota, Jalan Veteran, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (29/11/2022).

HS mengaku baru pertama kali mengedarkan barang haram tersebut. Namun, debutnya sebagai pengedar sabu berujung apes. Aksinya terbongkar dan kini HS harus mendekam di penjara. “Kalau ngedar (sabu) baru pak, karena butuh uang. Tapi kalau make sudah lama,” kata HS.

Kapolres Cirebon Kota AKBP M Fahri Siregar mengatakan HS ditangkap di kawasan Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon 16 November 2022. HS ditangkap dengan barang bukti belasan gram sabu yang sudah dikemas menjadi beberapa paket.

“Setelah melakukan penangkapan, kita lakukan penggeledahan terhadap tersangka. Hasilnya kita temukan barang bukti sebanyak 17 paket narkoba jenis sabu yang dibungkus plastik klip berwarna bening di dalam bungkus korek api dan dibalut lakban warna hitam dengan berat 12,1 gram,” kata Fahri Siregar.

Fahri mengatakan tersangka mengaku mendapatkan sabu tersebut dari seseorang berinisial PC yang saat ini masih buron. Menurut Fahri, HS sudah beberapa kali terlibat kasus narkoba.

“Saudara HS ini memang sudah menjadi target operasi kami. Karena dulu pernah dilakukan penangkapan. Namun saat kami lakukan penangkapan, tidak ditemukan barang bukti. Tapi dari hasil tes urine dinyatakan positif. Setelah itu tersangka dilakukan rehabilitasi,” kata Fahri Siregar.

HS dijerat Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 114 ayat (2) UU RI No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Tersangka terancam pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun. Dan denda paling banyak Rp 10 miliar,” kata Fahri. (red)