Bayi Perempuan Beserta Tali Pusarnya Ditemukan di Area Perkampungan Desa Lumbangsari Malang

Malang, BeritaTKP.com – Bayi berjenis kelamin perempuan yang masih dalam kondisi hidup bersama dengan tali pusarnya ditemukan oleh warga Desa Lumbangsari, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang di salah satu pekarangan rumah warga, pada Kamis (1/12/20220 kemarin sekitar pukul 05.00 WIB.

Bayi tersebut ditemukan pertama kali oleh Karita, warga setempat, saat hendak keluar rumah berangkat ke sekolah. Saat berdiri di depan rumahnya, Karita tiba-tiba mendengar suara tangisan bayi yang tak jauh dari rumahnya.

Karita pun memutuskan untuk mencari sumber suara tersebut. Alhasil, diketahui bayi yang tergeletak di pekarangan kosong depan rumahnya tanpa mengenakan baju. “Di samping bayi terdapat tas plastik (kresek) yang berisi ari-ari dan tali pusarnya,” ujarnya.

Melihat ada bayi yang masih hidup ditemukan di pekarangan depan rumahnya, dia langsung memanggil Narmi. Akhirnya, para saksi melaporkan ke Suheri, ketua RT setempat. “Akhirnya diputuskan untuk membawa bayi tersebut ke bidan desa di Gading untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan bayi tersebut,” kata Karita.

Atas penemuan tersebut akhirnya saksi Suheri yang juga ketua RT, melaporkan hal tersebut ke Polsek Bululawang. Seketika, petugas langsung mendatangi lokasi penemuan untuk melakukan olah TKP dan menghimpun keterangan dari para saksi.

Polsek melakukan penyelidikan dengan meminta beberapa keterangan dari para saksi. Di samping mengolah TKP serta mengambil beberapa barang di TKP. “Kami akan mendalami kasus ini dan juga akan meminta masukkan dari masyarakat kalau-kalau melihat orang yang baru melahirkan,” tutur Ainun.

Berdasarkan penuturan dari saksi Suheri, Ketua RT 12/ RW 03 Desa Lumbangsari, sekitar pukul 03.45 saat hendak pergi ke masjid tidak mendengar suara apa-apa di pekarangan itu. Namun,  sekitar pukul 04.10 sepulang salat subuh, dirinya sempat mendengar suara rintihan tapi hanya sekali. “Karena merasa ketakutan Suheri lari masuk rumahnya, kalau melihat dari penuturan tersebut. Dapat diperkirakan bayi tersebut lahir menjelang Subuh,” terang Ainun. (Din/RED)