Diduga Keracunan usai Minum Es Jelly, Empat Siswa SDN Bacem 04 Blitar Diopname

Blitar, BeritaTKP.com – Sebanyak 4 siswa SDN Bacem 04, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, dilaporkan mengalami keracunan jajanan yang dibeli di sekitar lingkungan sekolah hingga berakhir dilarikan ke rumah sakit.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya ada sebanyak 5 siswa yang mengalami pusing, mual hingga sesak nafas. Namun dari kelima siswa tersebut hanya 4 orang yang dilarikan ke rumah sakit. Sebelum mendapati gejala keracunan makanan, mereka sempat meminum minuman es jelly dalam kemasan.

Kapolsek Ponggok AKP Soni Suhartanto saat memberikan keterangan.

Informasi terkait adanya siswa SD keracunan ini diperoleh dari salah satu wali murid yang mendapat pemberitahuan dari sekolah bahwa anaknya dibawa ke Puskesmas. “Saya mendapat informasi dari gurunya kalau anak saya dibawa ke Puskesmas,” kata orang tua siswa Bagus Asmoro.

Kapolsek Ponggok AKP Soni Suhartanto membenarkan adanya informasi bahwa ada sejumlah siswa yang dilarikan ke rumah sakit. Namun demikian pihaknya belum bisa memastikan apakah siswa tersebut benar keracunan makanan atau ada penyabab yang lain. “Penyebab pastinya belum bisa dipastikan karena pihak rumah sakit belum memberikan keterangan secara resmi,” kata Soni, Kamis (1/12/2022) kemarin.

Kronologi kejadian ini menurut Soni, kelima siswa itu membeli jelly di salah satu toko di dekat sekolah sekitar pukul 08.30 WIB. Tak lama kemudian setelah jajan jelly, mereka mengeluhkan pusing dan sesak nafas. Pihak sekolah kemudian membawa mereka ke Puskesmas.

“Kami dari kepolisian langsung  melakukan  penyelidikan lebih lanjut. Langsung kami tindaklanjuti meskipun belum ada laporan. Setelah kami amankan produknya. Kami sudah berkoordinasi dengan tim Puskesmas untuk uji lab produk tersebut,” pungkasnya. (Din/RED)