Diduga Punya Masalah Dengan Istri, Napi di Lapas Lampung Ditemukan Gantung Diri

ILUSTRASI

LAMPUNG, BeritaTKP.com – Seorang narapidana di Lapas Narkotika Bandar Lampung, bernama Hanafi (31) ditemukan tewas gantung diri. Hanafi ditemukan gantung diri di toilet karena punya masalah dengan istrinya.

Kepala Lapas Narkotika Bandar Lampung, Porman Siregar mengatakan peristiwa itu terjadi, Kamis (1/12) kemarin. Saat ditemukan, menurut Porman, Hanafi sudah tergantung pada seutas tali yang dililitkan di terali.

“Iya benar, peristiwa itu terjadi kemarin (Kamis). Yang bersangkutan telah kami serahkan ke pihak keluarga. Pertama kali ditemukan oleh rekannya sesama narapidana yang curiga karena dirinya berada cukup lama di toilet,” kata dia saat ditemui di kantornya, Jumat (2/12/2022).

Porman menyampaikan Hanafi merupakan tahanan kasus narkotika yang menjalani hukuman atas vonis hakim selama enam tahun.

“Dia narapidana kasus narkotika, vonisnya kemarin itu 6 tahun dan saat ini telah menjalani hukuman 2 tahun artinya masih tersisa empat tahun lagi di penjara,” terangnya.

Selama menjalani hukuman, lanjut Porman. Hanafi dikenal rajin beribadah, dia juga dipercaya sebagai petugas kebersihan yang mengurusi aula pertemuan.

“Dia dikenal baik, rajin ibadah kadang dia suka memimpin zikir sesama narapidana lainnya,” ungkapnya.

Porman menambahkan, berdasarkan hasil penyelidikan yang bersangkutan memiliki masalah rumah tangga dengan istrinya.

“Dari penyelidikan kami berdasarkan keterangan pihak keluarga bahwa Hanafi ini ada masalah rumah tangga. Diduga kuat di cekcok dengan istrinya sehingga akhirnya dia nekat gantung diri,” jelasnya.

Tali yang digunakan Hanafi untuk gantung diri, ujar Porman, berasal dari tali pengikat kerajinan bambu.

“Tali yang digunakannya untuk gantung diri itu berasal dari tali untuk kerajinan tangan bambu. Kami juga menduga bahwa dia memang sudah merencanakan untuk mengakhiri hidupnya,” katanya.(red)