Diduga Alami Depresi, Pria asal Brebes Jateng Coba Bunuh Diri Lompat ke Selat Bali

Banyuwangi, BeritaTKP.com – Aksi percobaan bunuh seorang pemuda berinisial IIM (25), warga asal Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, yang nekat meloncat dari Kapal Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk berhasil digagalkan oleh sejumlah kru kapal yang ditumpanginya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi AKP Ali Masduki mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.45 WIB, Minggu (4/12/2022) kemarin. Korban diketahui menumpang kapal penyeberangan KMP Munic V dari Pelabuhan Gilimanuk, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. “Pada saat kapal Munic V akan sandar di Dermaga MB2, korban menerima telepon lalu korban loncat dari railing sebelah kiri kapal,” jelasnya.

Pemuda berinisial IIM (topi kuning) saat diamankan dan ditenangkan oleh petugas.

Saat korban hendak meloncat, sejumlah anak buah kapal (ABK) KMP Munic V yang melihat hal tersebut berupaya untuk mencegah korban. Namun karena korban yang sudah berdiri di atas railing kapal malah nekat menjatuhkan diri ke laut dari atas kapal. Lokasi kejadian ini hanya beberapa meter dari dermaga MB 2 Pelabuhan Ketapang.

Melihat kejadian itu, sejumlah kru KMP Munic segera memberikan pertolongan. Dengan membawa peralatan keamanan, kru kapal berenang menyelamatkan korban.

Namun saat diselamatkan, korban malah melempari ABK yang berusaha menolongnya dengan pakaian. Korban sempat terbawa arus ke sekitar dermaga MB 1. Di tempat ini, ABK KMP Jalur Nusa melemparkan pelampung pada korban.

Lagi-lagi korban menolak untuk diselamatkan. Namun, upaya pertolongan pada korban tetap dilakukan. Sampai akhirnya korban berhasil diselamatkan empat anak logam (anak-anak yang mencari uang dari uang logam yang diberi penumpang). “Selanjutnya korban dievakuasi di dermaga MB 3,” tegasnya.

Korban segera mendapatkan pertolongan dari tim medis untuk memastikan kondisi kesehatan. Korban kemudian dilarikan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan. Beberapa petugas TNI AL, polisi hingga satuan pengamanan Pelabuhan juga berusaha menenangkan pemuda yang diduga depresi itu. “Korban diduga mengalami depresi,” ujarnya. (Din/RED)