Heroik! Penjaga Perlintasan KA di Lamongan Rela Patah Kaki Demi Selamatkan Pemotor

Lamongan, BeritaTKP.com – Riyanto (59) warga Desa/Kecamatan Sukodadi yang sehari-harinya memang menjadi penjaga perlintasan rel KA di Desa Sumlaran, Kecamatan Sukodadi harus dirawat di rumah sakit setelah nekat menyelamat seorang pengendara motor dari sambaran kereta api. Aksi heroik Riyanto tersebut ternyata terekam oleh kamera CCTV sekitar lokasi dan kini viral di media sosial.

Dalam video berduras 30 detik tersebut, tampak seorang pengendara motor yang hendak melintasi rel dan tidak mengetahui jika ada KA melaju menuju arahnya. Mengetahui hal ini, penjaga perlintasan langsung berlari akan mendorong mundur pengendara dan motornya tersebut. Namun saat berlari mendekat, sang penjaga perlintasan terjatuh dan ia berusaha berguling menjauhi rel dan nyaris tersambar KA yang melaju kencang. Namun upaya itu sudah cukup bagi pengendara motor untuk memundurkan motornya dan selamat dari tertabrak KA.

Kabid Angkutan Dishub Lamongan Tony Ariantoro mengkonfirmasi bahwa peristiwa tersebut terjadi di perlintasan KA yang ada di Desa Sumlaran, Kecamatan Sukodadi, Kabupaten Lamongan, pada Sabtu (3/12/2022) sore lalu, sekitar pukul 16.00

Tony menuturkan pengendara motor tersebut sebenarnya sudah mengetahui KA yang akan melintas. Namun, pemotor tetap nekat melintas. Saat itu lah tepat di tengah rel, mesin motor mati. Sedangkan KA sudah hampir mendekati.

Tahu hal ini, Riyanto lantas berlari dan mendorong motor menjauh dari rel, meski dirinya sendiri hampir sepersekian detik tersambar KA. “Karena sudah dekat dan kendaraan itu berada di atas rel sehingga mesinnya mati, maka penjaga perlintasan berlari untuk mendorong sepeda motor tersebut,” paparnya.

Meski pengendara motor selamat. Namun kaki kanan Riyanto mengalami retak. Ini karena ia menjatuhkan diri untuk menghindari KA. Saat ini Riyanto tengah dirawat di RSUD dr Soegiri. (Din/RED)