Tim SAR Gabungan dari Surabaya dan Jember Sisiri 3 Wilayah Terdampak APG Semeru

Tim SAR gabungan saat berkumpul di Posko Candi Puro.

Surabaya, BeritaTKP.com – Untuk melakukan penyelamatan terhadap korban terdampak Awan Panas Guguran (APG) Semeru, dua Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya akakn bergabung dengan 1 tim rescue dari Pos SAR Jember serta seluruh unsur SAR. Ketiga tim penyelamat ini akan dikumpulkan menjadi satu di Posko Candi Puro.

“Setelah tiba di posko (Minggu, 4/12 malam), tim melaksanakan evaluasi dan perencanaan giat untuk hari Senin ini, termasuk rencana pendampingan Bu Gubernur Jawa Timur yang akan melakukan kunjungan ke wilayah terdampak,” jelas Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Surabaya, Haris Supardi tertulis, Senin (5/12/2022).

Rencananya, hari ini tim SAR gabungan akan dibagi menjadi 3 SRU untuk melakukan penyisiran dan pengamatan di 3 wilayah terdampak bencana awan panas guguran (APG) Gunung Semeru, yaitu Dusun Kamar Kajang, Kajar Kuning, dan Curah Kobokan.

Sementara Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo mengatakan bahwa personel akan ditempatkan di Pos Pantau Gunung Sawur untuk memantau perkembangan kondisi Semeru.

Adapun unsur yang tergabung dalam tim SAR gabungan antara lain Kantor SAR Surabaya, Pos SAR Jember, BPBD Lumajang, Polres Lumajang, Polsek Pasiran, Koramil Pasirian, Polsek Pronojiwo dan Koramil Pronojiwo.

Juga Siluman Rescue, Biting Rescue, IOF Cabang Lumajang, Baret Rescue, Lazismu, FKPPAI, Lumajang Rescue, Dinas Sosial Lumajang, Satpol PP, Dinas Kesehatan Lumajang, Dinas Perhubungan, PLN, dan Kodim Lumajang. (Din/RED)