Abu Vulkanik Semeru Selimuti 121 Hektare Lahan Pertanian di Kabupaten Lumajang

Lumajang, BeritaTKP.com – Ratusan lahan pertanian milik warga Lumajang terkena dampak dari erupsi Gunung Semeru. Hujan abu vulkanik yang dihasilkan oleh Gunung Semeru tersebut menutupi 121 hektare lahan pertanian di Kecamatan Candipuro dan Poronojiwo

“Sekarang kita masih melakukan pendataan terus sementara di Kecamatan Pronojiwo ada 81 hektare di Desa Sumberurip Supiturang dan Oro Oro Ombo tingkat kerusakan ringan,” kata Kepala Dinas Pertanian Lumajang, Hairil, Rabu (7/12/2022).

Sedangkan yang ada di Kecamatan Candipuro, lanjut Hairil, lahan pertanian yang terdampak yakni 15 hektare tersebut merupakan lahan padi, tebu hingga tomat. “Di Kecamatan Candipuro 5 hektare padi, tebunya 15 hektare, tomat 5 hektare dan komoditi lainnya total 15 hektare,” jelas Hairil.

Menurut Hairil, atas dampak yang terjadi, pihaknya akan memberikan bantuan bibit bagi para petani. Untuk itu, pihaknya masih terus melakukan pendataan lahan yang terdampak abu vulkanik. “Insyaallah kita akan berupaya hasil produk kita untuk memberikan bantuan bibit dari pemerintah,” tandas Hairil. (Din/RED)