Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Kediri Berjalan Lancar dan Damai

Kediri, BeritaTKP – Pesta Demokarasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 Kabupaten Kediri hari ini, Kamis, 7 Desember 2022 telah digelar. Pelaksanaan pilkades serentak 2022 diadakan di 57 desa dalam 13 kecamatan diikuti oleh 155 calon dan 42 orang di antaranya merupakan petahana.

Untuk memecah konsentrasi warga agar tidak berkerumun saat melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), jumlah TPS tiap desa diperbanyak dengan jumlah TPS sejumlah 530 dengan 233.891 pemilih.

Termasuk Desa Gadungan Kecamatan Puncu yang hari ini juga melaksanakan Pilkades serentak. Dengan jumlah calon sebanyak 5 orang, dan jumlah pemilih yang tergolong banyak yaitu 12.601 pemilih dengan jumlah 27 TPS yang tersebar di 7 Dusun se wilayah Desa Gadungan kecamatan puncu.

Untuk memastikan Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Kediri berjalan lancar dan damai, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana beserta jajaran Forkopimda meliputi Dandim 0809 Kediri, Kapolres Kediri, Kajari Kab. Kediri melakukan Monitoring di 2 desa yaitu desa Watugede dan Desa Gadungan kecamatan Puncu.

Dikedua lokasi tersebut Mas Bup sapaan akrabnya memonitoring kesiapan panitia dalam mensukseskan pelaksanaan pilkades serentak tersebut.

Sebelum meninggalkan lokasi Mas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengatakan saya bersama jajaran Forkopimda hari ini mengechek bahwa tugas kita pada pemerintah Kabupaten Kediri memastikan pelaksanaan pilkades serentak berjalan dengan lancar.

“Untuk hak pilih yang telah mencoblos rata-rata sudah mencapai 70 persen bahkan tadi pada TPS sebelumnya desa Watugede sudah mencapai 90 persen”, terangnya

“Hal tersebut menandakan antusiasme masyarakat untuk memilih kepala desanya cukup baik”, pungkas Mas Bupati

Pesan saya kepada kepala desa yang terpilih nantinya bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan selalu bekerja dengan hati.

Ditemui disela-sela bertugas, M. Budiono Ketua Panitia Pilkades Desa Gadungan Puncu menjelaskan, kami sebagai panitia sangat mendukung digelarnya Pilkades damai agar warga desa gadungan ini selalu hidup rukun satu sama lain.

“Sebagai panitia saya lakukan hal yang sederhana dengan sering mengumpulkan para calon kepala desa, walaupun hanya ngopi bersama”, terangnya

“Disela-sela ngopi bersama tersebut kita ngobrol bagaimana tercipta suasana dingin dan damai sebelum dan sesudah pilkades serentak”, jelas Budiono

Seperti yang diharapkan oleh Adi warga Gadungan Barat dirinya berharap siapapun nanti yang terpilih menjadi kepala desa ayo bersama warga memajukan desa Gadungan.

“Yang terpenting selalu guyup rukun jangan sampai ada perpecahan “Seduluran Selawase” Desa Gadungan Maju” ungkapnya.(kom/mur)