Polisi Pantau Gerak-gerik Pelaku Bom Bunuh Diri saat Bebas dari LP Nusakambangan

Bandung, BeritaTKP.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan bahwa Agus Sujatno atau Abu Muslim sebelumnya pernah menjadi napi di LP Nusakambangan. Abu Muslim yang terafiliasi JAD Bandung masuk kelompok ‘merah’.

“Pelaku ini masuk kelompok yang masih ‘merah’, sehingga tentunya untuk proses gerak-geriknya, deradikalisasinya juga, tentunya membutuhkan teknik yang berbeda,” ujar Kapolri Sigit kepada wartawan, Rabu (7/12/2022).

Kapolri menambahkan, pelaku yang sempat bebas dari LP Nusakambangan ini memang sulit untuk diajak bicara dan cenderung menghindar, walupun sudah mulai beraktivitas.

Kapolri menyebutkan, Abu Muslim pernah ditangkap usai peristiwa bom yang terjadi Cicendo dan sempat ditahan 4 tahun. Kapolri menuturkan, Abu Muslim bebas pada September 2021 lalu.

“Tentunya, Polri mengikuti kegiatan pelaku. Namun demikian, yang bisa kami jelaskan bahwa pelaku terafiliasi dengan kelompok JAD Bandung,” lanjut Kapolri.

Kapolri membeberkan, pelaku bom bunuh diri bernama Agus Sujatno alias Abu Muslim (34) merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung.

“Pemeriksaan sidik jari dan kita lihat secara fisik identik menyebutkan bahwa identitas pelaku adalah Agus Sujatno yang biasa dikenal Abu Muslim,” beber Kapolri. (red)