Peresmian Kantor Sekretariat GMDM Jawa Timur.

Surabaya, BeritaTKP.com – Peresmian kantor Sekretariat GMDM Propinsi Jawa-Timur di Jl, Ngagel Jaya Indah No.8 Surabaya diapresiasi oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), DPRD Kota Surabaya, jajaran kepolisian dan masyarakat, Jum’at (9/12/2022).

Dalam sambutannya, Yayuk Sri Wahyuningsih, Ketua DPD GMDM Jawa-Timur menyatakan , dengan adanya kantor baru semangat dan kiprah GMDM bisa lebih giat lagi dari sebelumnya.

“Kami akan membantu pendidikan anak-anak yang tertinggal, dengan kerjasama dengan divisi SDM dan Pendidikan untuk menggelar program Kejar paket bagi mereka yang sudah keluar, selepas menjalani hukuman akibat penyalahgunaan narkoba. Mereka tidak punya ijazah, kami bisa bantu Kejar Paket dan lainnya. Terutama mereka yang putus sekolah,” ucapnya.

Menurut Yayuk, ada sekitar 80 persen anak-anak di Rutan Medaeng yang menjalani hukuman akibat penyalahgunaan narkotika. Mereka selalu bertanya-tanya, apakah selepas dari lembaga pemasyarakatan bisa melanjutkan sekolah lagi.

“Kami akan bantu anak -anak putus sekolah, selepas dari menjalani hukuman tetap bisa melanjutkan sekolah dengan mengikuti kejar paket,” ujarnya.

Harapan Yayuk, pada tahun depan akan bisa melakukan rehabilitasi bagi para pecandu narkoba. Namun, kini masih terus berkoordinasi dengan BNN Surabaya dan BNN Jatim, serta DPP GMDM yang menjadi satu komando di atas.

Sementara itu, Budi Leksono, Sekretaris Komisi A DPRD Kota Surabaya  mengatakan, ini baru pertama di Surabaya, ada satu kantor dan punya tempat rehabilitasi bagi pecandu narkoba. Ini sudah secara jelas dan disaksikan dari kepolisian, BNN dan lainnya.

“(Tempatnya) sudah memenuhi syarat, ini bisa dimanfaatkan masyarakat Surabaya untuk mencegah bahaya narkoba dan mereka yang sudah terkena dan  pecandu narkoba, bisa direhabilitasi. Di sini tempatnya untuk konsultasi dan rehabilita,” katanya.

Ditambahkan Perwakilan dari BNN, pihaknya mengapresiasi adanya kantor Sekretariat GMDM ini. “Bagi kami, penggiat P4GN sungguh luar biasa. Bisa menyelenggarakan kegiatan senam, seminar dan lainnya, setiap minggunya.

“(Kami berharap) Laringnya lebih cepat lagi dan memberikan kontribusi lebih positif bagi BNN. GMDM bisa mewarnai kegiatan kami dan kegiatan kami laporkan. (Selama ini) rating GMDM paling tinggi,” cetusnya.

BNN menyampaikan rasa terima kasih ke[ada seluruh elemen masyarakat yang sudah bersinergi dalam rangka pencegahan narkotika. Hingga saat ini, baru terbangun 17 BNN di tingkat kabupaten/kota.

Di tempat yang sama, Hariaytun Mar’ah mengungkapkan, pihaknya mendukung GMDM untuk menyelamatkan generasi anak bangsa dari bahaya narkoba. Ini mengingat narkoba kalau sudah menyerang otak akibatnya bisa permanen. GMDM gencar mensosialisasikan bahaya narkoba agar generasi muda tidak mendekati narkoba. (Rifai)