Akibat Jalan Penghubung Ciamis-Cirebon Ambles, Arus Lalin Terganggu

Ciamis, BeritaTKP.com – Jalan raya penghubung antara Ciamis-Cirebon tepatnya di Belokan Kondang, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, ambles sejak Kamis (8/12/2022) tegah malam.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun arus lalu lintas dari arah Cirebon maupun arah Ciamis menjadi terhambat sampai hari ini. Warga setempat pun membantu mengatur lalu lintas dengan sistem buka-tutup.

Sabtu (10/12/2022), setengah jalan tersebut ambles dengan panjang sekitar 15 meter dengan kedalaman sekitar 50 sentimeter. Lokasinya cukup rawan mengingat dekat dengan tikungan yang tidak terlihat pengendara dari kedua arah.

Untuk menghindari terjadi hal tak diinginkan, di lokasi yang ambles diberi pembatas garis polisi dan ban bekas.

“Kejadiannya sekitar pukul 23.30 WIB, setelah hujan. Memang hujannya kemarin cukup deras jadi jalan ambles,” ujar Deyan (28), warga setempat, saat ditemui di lokasi jalan ambles ketika sedang mengatur lalu lintas, Sabtu (10/12/2022).

Deyan menyebut lokasi jalan yang ambles tersebut sebelumnya baru diperbaiki. Itu terlihat dari aspalnya yang masih baru.

“Kalau nggak salah baru dua bulan kemarin diperbaiki, sekarang ambles lagi,” ungkapnya.

Deyan mengaku berinisiatif mengatur lalu lintas dengan warga lainnya karena kondisinya cukup berbahaya. Minimal membuka-tutup jalur agar para pengendara memelankan kendaraannya jika melintasi jalan ambles tersebut.

“Cukup rawan karena habis tikungan, takutnya kendaraan kencang dan tidak tahu ada jalan ambles jadi kita buka tutup,” jelasnya. (red)