Geger SMKN 3 Semarang di Serang Pelajar Bersajam, 4 Orang Diamankan

Semarang, BeritaTKP.com – Sebuah video viral memperlihatkan aksi penyerangan sebuah sekolah yang berada di Semarang beredar dimedia sosial. Terkait viralnya video tersebut pihak kepolisian menyatakan telah menangkap 4 orang.

Hal itu disampaikan oleh Wakasat Reskrim Polrestabes Semarang Kompol Andriansyah R Hasibuan saat jumpa pers di kantornya, Jumat (9/12/2022). Dia mengatakan peristiwa dalam video itu terjadi di SMKN 3 Semarang pada Kamis (8/12) pukul 12.00 WIB.

“Penyerangan atau tawuran antara pelajar yang menggunakan senjata tajam yang kejadiannya sekitar pukul 12.00 WIB,” kata Andriansyah, Jumat (9/12/2022).

Menurut Andriansyah, penyerang dalam video itu merupakan kelompok pelajar dari SMKN 10 Semarang. Akibat penyerangan itu, seorang siswa SMKN 3 Semarang mengalami luka sayatan senjata tajam.

“Sedang menunggu ojek online dan tahu-tahu ada serangan dari sekelompok pelaku lain itu. Lukanya ada di belakang bahu kiri, sekitar tujuh jahitan,” jelasnya.

Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut ke polisi. Dalam hari yang sama polisi dapat menangkap empat orang. Sedangkan satu orang lain yang melakukan pembacokan masih dikejar.

“Yang kita amankan ini inisial R (18), M (18), S (18), dan M (18), merupakan siswa SMK Negeri 10 Semarang semua, dengan membawa sajam berupa celurit maupun sebilah badik atau pisau,” ungkap Andriansyah.

Dalam kejadian ini polisi menerapkan Pasal 351 KUHP dan Pasal 2 Ayat 1 UU Darurat No 12 tahun 1951 di mana ancamannya hukuman selama 10 tahun. Namun polisi masih akan melakukan diversi terutama bagi pelaku yang sudah diamankan.

“Ini nanti kan pasti sesuai undang undang kita harus melakukan diversi awal dulu. Kalau berhasil itu harus dijalankan, kalau tidak harus melakukan sesuai ketentuan undang-undang,” pungkasnya. (red)