Silaturahmi Forkopimda Dengan Perguruan Silat, Toga, Tomas di Kabupaten Tulungagung

TULUNGAGUNG,BeritaTKP – Kapolres Tulungagung Polda Jatim, Eko Hartanto, SIK, MH mengadakan silaturahmi dengan seluruh perguruan silat, tokoh agama, tokoh masyarakat se kabupaten Tulungagung.

Kegiatan silaturahmi Forkopimda kabupaten Tulungagung ini di prakarsai oleh Kapolres Tulungagung dan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2022 bertempat di ruang sarya Arya racana Polres Tulungagung.

Dalam sambutannya AKBP Eko Hartanto mengatakan bahwa kegiatan silaturahmi ini dilaksanakan dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif di wilayah kabupaten Tulungagung.

Kasus pidana yang melibatkan perguruan silat yang ada di wilayah kabupaten Tulungagung cukup tinggi bahkan di jajaran Polda Jatim termasuk yang tertinggi.

Tentu dalam hal ini pihak Kepolisian tidak bisa lepas dari peran serta elemen masyarakat yang ada termasuk para tokoh agama (toga), tokoh masyarakat ( tomas) dan organisasi masyarakat lainnya untuk mengurai permaslahan tersebut.

Bahkan bapak Kapolda Jatim telah memberikan instruksi kepada seluruh perguruan silat yang ada di kabupaten Tulungagung untuk tidak mengadakan kegiatan terkait perguruan pada hari Sabtu dan minggu

Pentingnya sosialisasi sampai ke tingkat gresrot, agar semua informasi tersampaikan untuk meminimalisir gesekan

Pentingnya pihaknya juga terbuka dengan informasi dan koordinasi jika ada permasalahan yang melibatkan anggota perguruan pencak silat.

“Supaya tidak sampai meluas ke mana-mana sehingga membuat situasi kurang kondusif dan menggangu kepentingan umum,”

Permasalahan yang menyangkut perguruan silat tidak hanya menjadi urusan Polri saja, namun menjadi tanggung jawab kita semua, TNI, Polri dan pemerintah daerah.

Sementara itu wakil bupati Tulungagung H Gatut Sunu Wibowo SE pada kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini semoga bisa membawa Tulungagung menjadi wilayah yang aman kondusif.

Jangan mudah terprovokasi dengan adanya berita hoax, karena berita hoax sangat berbahaya dan dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Dandim 0807 Tulungagung LETKOL Czi Nooris Agus Rinanto, Sip dalam sambutannya menyampaikan jangan ada doktrin yang salah terhadap anggota perguruan silat.

Mari kita ciptakan wilayah Kabupaten Tulungagung yang kondusif walau berbeda perguruan silat

Hadir dalam kegiatan silaturrahmi antara lain, Forkopimda kabupaten Tulungagung, ketua MUI Gus Hadi, ketua cabang NU KH Abdul hakim mustofa, ketua IPSI, ketua paguyuban pencak silat dan seluruh ketua perguruan silat se kabupaten Tulungagung, Pju Polres Tulungagung dan Kapolsek jajaran.(Hmsres/Dlg)