Hadiri Acara Gathering Bank Indonesia di Banyuwangi, Belasan Jurnalis Alami Keracunan Makanan

Banyuwangi, BeritaTKP.com – Belasan jurnalis dikabarkan mengalami keracunan makanan saat menghadiri acara Gathering Bank Indonesia di kabupaten Banyuwangi, pada Senin (12/12/2022) dini hari tadi. Mereka mengelami mual, muntah, dan diare sehingga harus mendapatkan perawatan medis.

Direktur RSUD Blambangan dr. Widji Lestariono menyatakan peristiwa itu sebagai kejadian luar biasa atau KLB. “Menurut kaidah epidemiologi, kejadian ini termasuk kategori KLB,” jelas dr. Rio sapaan akran Widji Lestariono, Senin (12/12/2022).

Di RSUD Blambangan, kata dr. Rio, terdapat 16 pasien yang mendapatkan perawatan. Mereka mengalami gejala mual, muntah dan diare. Setelah belasan jurnalis keracunan itu mendapatkan perawatan, mereka dinyatakan keracunan ringan. “Sebagian besar sudah bisa pulang dan mendapatkan hanya rawat jalan,” katanya.

Sebelumnya, belasan jurnalis keracunan di Banyuwangi itu sejak malam hingga pagi. “Masuk mulai Jam 2.15 WIB, sampai Jam 6.00 WIB tadi masuk, gejala muntah dan diare,” ungkapnya.

Namun, ada beberapa jurnalis lain yang juga mendapatkan perawatan di rumah sakit lainnya. Di antaranya rumah sakit Yasmin dan RSI Fatimah.

Sebelumnya, belasan jurnalis keracunan di Banyuwangi ini merupakan peserta literasi Bank Indonesia. Mereka melakukan kegiatan di Hotel Ketapang Indah, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Di tempat tersebut, mereka melakukan kegiatan dan menyantap makan malam.

Namun sebelumnya, mereka juga melakukan kunjungan ke Alas Purwo. Di lokasi, diduga para jurnalis juga menyantap makanan seefood dan aneka makanan lain. (Din/RED)