Kasus Remaja Lamongan Tewas Usai Latihan Pencak Silat Direkonstruksi, Ini Hasilnya

Lamongan BeritaTKP.com – Kasus seorang remaja berusia 15 tahun yang meninggal pada saat mengikuti latihan silat di Desa Tugu, Kecamatan Mantup, dilakukan perekonstruksian. Sebanyak 18 adegan rekonstruksi digelar di pelataran SD Negeri Tugu, pada Senin (12/12/2022) kemarin, dengan diperagakan oleh keempat tersangka. Rekonstruksi ini dihadiri oleh tim penasihat hukum dan orang tua para tersangka serta keluarga korban.

“Rekonstruksi berjalan lancar dan semua tersangka melakukan adegan sesuai dengan BAP,” kata Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Anton Krisbintoro, Selasa (13/12/2022).

Jika dilihat pada salah satu adegan rekonstruksi, korban terlihat menjadi sasaran pukulan dan tendangan dari pelatih seniornya tersebut. Tak terkecuali tendangan yang mengarah ke bagian ulu hati. Akibat dari pukulan dan tendangan tersebut, korban mengalami pendarahan pada jantung. Hal ini sesuai dengan hasil autopsi.

Tendangan dan pukulan inilah yang diduga mengakibatkan korban ambruk. Korban kemudian sempat dilarikan ke Puskesmas Mantup dengan motor, namun saat dalam perjalanan korban sebenarnya telah meninggal.

Menurut Anton, rekonstruksi digelar sesuai instruksi dari Kejari ke penyidik polisi untuk melengkapi berita acara perkara (BAP). Ini setelah BAP yang diterima Kejari masih dinyatakan P19.

“Para tersangka didampingi Tim LABH Al-Banna Lamongan dan rekonstruksi sendiri dipimpin oleh Kanit 1 Iptu Sunandar dan Ipda M Yusuf Efendi,” tandas Anton.

Sebelumnya telah diberitakan seorang anak bernama Miqdat Rafa Dafiqi (15), warga asal Desa Tugu, Mantup, Lamongan, meninggal dunia secara misterius usai mengikuti latihan pencak silat.

Korban diketahui berlatih silat bersama teman-temannya di halaman SD Negeri setempat pada Kamis (1/12/2022) dini hari lalu. Setelah kejadian itu, orang tua korban selanjutnya melaporkan ke polisi.

Tak lama, polisi kemudian menetapkan empat tersangka terdiri pelatih Fiki (19) dan tiga seniornya berinisial RA (18), AR (16) dan MN (16). (Din/RED)