Polisi Kantongi 3 Video Petunjuk Guna Cari Para Perampok Rumdin Wali Kota Blitar

Blitar, BeritaTKP.com – Kawanan perampok yang sempat memporak-porandakan rumah dinas (rumdin) Wali Kota Blitar Santoso masih dalam tahap pemburuan oleh petugas kepolisian. Meski belum tertangkap, Korps Bhayangkara telah dibekali 3 rekaman video CCTV dari Kominfo Pemkab Blitar untuk mencari keberadaan para pelaku.

Salah satu dari ketiga video tersebut diketahui telah tersebar di media sosial. “Ada 3 video rekaman CCTV yang kami periksa sekarang. Video yang di medsos itu video kedua,” ungkap Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono, Rabu (14/12/2022).

Potret CCTV saat mobil kawanan perampok memasuki rumah dinas Wali Kota Blitar.

Dalam video kedua tampak seorang lelaki bersepatu lars, berjaker, memakai topi dan bermasker membuka pintu gerbang rumdin, pada pukul 03.06 WIB. Lewat video ini, seolah-olah terlihat bahwa petugas jaga sengaja membukakan pintu untuk para perampok tanpa rasa curiga. Namun, polisi mengantongi bukti lain yang terekam di video pertama.

“Bukan, itu pelakunya (yang membukakan pintu). Jadi di video 1 ada empat orang turun dari mobil. Mereka buka pintu gerbang yang tidak terkunci. Baru di video kedua, seorang pelaku yang pakai jaket, bertopi itu yang bukakan pintu gerbang, supaya mobil mereka bisa masuk,” papar Argo.

Menurut analisi polisi, para pelaku melumpuhkan penjagaan 3 petugas Satpol PP terlebih dahulu. Begitu dirasa situasi di luar rumdin aman, pelaku memasukkan mobil Innova hitam berplat merah tersebut ke dalam halaman rumdin.

Mengenai video ketiga, Argo enggan membukanya. Sebab, rekaman video ketiga ini jadi petunjuk kunci bagi polisi untuk mengenali sosok pelaku.

Argo menegaskan, pihaknya telah memburu komplotan perampok yang diduga melarikan diri ke arah timur wilayah Blitar Raya. Segala kemungkinan dan koordinasi dengan kepolisian wilayah lain telah dilakukan Polda Jatim yang mem-back up. (Din/RED)