Mas Dhito Biotin Kediri Minta Tiap Gerai Pelayanan Publik Dipasang CCTV

Kediri, BeritaTKP – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meminta semua gerai pelayanan publik di Pemerintah Kabupaten Kediri terpasang kamera close circuit television (CCTV) pada tahun 2023 mendatang.

Tak hanya gerai pelayanan yang dimiliki satuan kerja, termasuk pula pelayanan di tingkat kecamatan harus terpantau CCTV. Mas Dhito sapaan akrabnya mengaku akan memantau untuk memastikan pelayanan di pemerintahannya berjalan dengan baik.

“Mulai tahun depan (2023) semua tempat-tempat pelayanan publik saya minta terekam cctv,” kata Mas Dhito, Minggu (11/12/2022).

Mas Dhito berpesan, petugas di pelayanan publik harus mengedepankan attitude yang baik. Hal itu penting karena sikap dan perilaku petugas akan menjadi penilaian pertama masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

“Saya minta pelayanan kepada masyarakat harus ramah, murah senyum. Bagaimana caranya masyarakat itu merasa dihargai pada saat mau mengurus sesuatu di Pemerintah kabupaten Kediri,” pesannya.

Pelayanan yang ramah itu ditekankan Mas Dhito dan diharapkan bisa dilaksanakan sampai di tingkat pemerintahan desa. Pesan itu pun pernah disampaikan langsung kepada petugas pelayanan saat berkunjung di Balai Desa Gadungan, Kecamatan Puncu.

Kembali, ditegaskan Mas Dhito, seluruh gerai pelayanan yang telah terekam CCTV nantinya akan terhubung di command centre yang saat ini dibangun Pemerintah Kabupaten Kediri. Lewat pemantauan di command centre itu, bilamana ditemukan petugas tidak memberikan pelayanan dengan baik, Mas Dhito tak segan memberikan teguran secara langsung.

“Nanti saya bisa cek, pelayanan publiknya seperti apa, kalau terjadi penumpukan pasti akan kelihatan di situ semua,” tegasnya.

Pemerintah Kabupaten Kediri pada 2022 ini membangun command centre yang berlokasi di komplek Pendopo Panjalu Jayati untuk mendukung operasional pemerintahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Kediri Agus Sugiarta selaku pihak yang menangani pembangunan command centre itu menyebutkan bangunan command centre dibuat dua lantai di dekat ruang kerja bupati.

“Progres pembangunan saat ini sekitar 80 persen ditargetkan selesai pada minggu ke-3 Desember 2022 ini,” ungkapnya.(Kom/Mur)