Dua Kali Pohon Tumbang di Jalan Raya Ngawi-Solo Usai Hujan Deras, yang Kedua Timpa Truk Tronton

Ngawi, BeritaTKP.com – Sebanyak dua kali peristiwa pohon tumbang terjadi di Jalan Raya Ngawi-Solo memasuki Desa Kebon, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur.

Tumbangnya pohon yang kedua terjadi pada Rabu (14/12/2022) kemarin. Pohon tersebut menimpa sebuah truk tronton yang sedang parkir. Sebelumnya, kejadian yang sama juga terjadi di area yang sama pada Senin (12/12/2022) lalu.

Agung Prasetyo, Kasi Kedaruratan BPBD Ngawi membenarkan kejadian itu. Dari kedua peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa. Namun waktu kejadian sama yakni terjadi pada saat malam hari setelah hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Ngawi.

Jatuhnya pohon yang pertama terjadi pada Senin lalu dan tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun, arus lalu lintas sempat tersendat. Pohon juga sudah dievakuasi langsung oleh warga sekitar dan relawan.

Petugas saat berupaya mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa truk tronton.

“Sementara untuk kejadian pada Rabu malam yakni sekitar pukul 20.00 WIB, pohon tumbang melintang jalan dan menimpa truk tronton yang sedang parkir di pinggir jalan. Kami yang mendapatkan laporan dari warga langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi pohon tersebut,” kata Agung, Kamis (15/12/2022).

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Saat kejadian, sopir truk tronton tengah beristirahat di warung. Kemudian, arus lalu lintas juga sepi sehingga tak ada pengguna jalan yang tertimpa ataupun menabrak pohon tumbang tersebut.

Dia menyebut lokasi dua kejadian itu berdekatan dan memang banyak pohon besar di pinggir jalan tersebut. Kuat dugaan ada lagi pohon lain yang berpotensi tumbang. Pihaknya mengingatkan pada instansi terkait agar segera melakukan pemangkasan dahan dan menebang sekalian pohon yang sudah lapuk.

“Karena jika dibiarkan lama-lama nanti bisa membahayakan pengguna jalan. Untung dua kejadian tidak menimbulkan korban jiwa. Kami juga meminta pada masyarakat jika di dekat lingkungannya ada pohon yang rapuh, sebaiknya segera ditebang saja jika dianggap membahayakan,” katanya.

Diketahui wilayah Ngawi masih berpotensi terjadi hujan deras disertai angin kencang. BPBD Ngawi masih terus menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terhadap dampak cuaca ekstrim dan apabila terdapat kejadian serupa ataupun lainnya dapat menghubungi nomor pelayanan BPBD Ngawi. (Din/RED)