Tak Bisa Punya Anak, Seorang Wanita di Dairi Nekat Culik Bayi

Medan, BeritaTKP.com – Seorang wanita nekat menculik bayi baru lahir yang berusia 3 hari di Dairi, Sumatera Utara. Polisi yang mendapat laporan tersebut lalu mengejar pelaku yang langsung melarikan diri ke Aceh. Pelaku berhasil ditangkap saat berada didalam transportasi umum di daerah Subussalam.

PELAKU PENCULIK BAYI

Kasat Reskrim Polres Dairi AKP Rismanto J Purba membenarkan telah menangkap seorang wanita dewasa terduga pelaku tindak pidana penculikan bayi yang terjadi, Kamis (15/12/2022) pukul 15.30 WIB di kantor BPJS, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, itu.

“Identitas terduga pelaku penculikan anak bayi tersebut yakni J BR. B (33), ibu rumah tangga alamat Jalan Manunggal, Kel Sidikalang,” kata Rismanto dalam keterangan persnya yang dirilis Humas Polres Dairi, Jumat (16/12/2022).

Peristiwa itu berawal pada Kamis, sekitar pukul 14.00 WIB, korban AMK (29), orang tua bayi tersebut sedang berada di rumah. Kemudian datang seorang wanita yang tidak dikenal sebelumnya.

Wanita itu menyampaikan kepada korban bahwa korban mendapat bantuan subsidi dari BPJS sebesar Rp 10 juta. Korban diminta pergi ke kantor BPJS di Sidikalang untuk mengurus administrasi dan ke RSUD Sidikalang guna mengurus berkas-berkas bantuan palsu tersebut.

Kemudian, korban pun pergi bersama mertuanya dan pelaku menuju ke kantor BPJS. Korban meninggalkan mertua serta bayinya saat mengurus bantuan tersebut. Saat itulah pelaku menculik bayi korban.

“Selanjutnya korban meninggalkan mertuanya beserta bayi dan wanita dewasa yang belum dikenal sebelumnya itu di kantor BPJS. Saat korban pergi, wanita yang menjanjikan subsidi BPJS kepada korban, mengajak mertua korban ke arah Simpang Salak Sidikalang, kemudian wanita tersebut meminta agar bayi tersebut diserahkan padanya untuk dipegang, setelah bayi ada dalam penguasaan pelaku, dengan segera pelaku meninggalkan mertua korban,” ujar Rismanto.

Pada pukul 16.00 WIB, korban dapat kabar bayi telah diambil oleh pelaku, atas keadaan tersebut korban langsung membuat laporan ke Polres Dairi.

Polisi yang menerima laporan langsung melakukan langkah-langkah responsif, di antaranya dengan melakukan pengecekan terhadap posisi alat komunikasi yang digunakan wanita yang membawa bayi. Hasil cek, diketahui bahwa yang bersangkutan sedang dalam perjalanan mengarah ke wilayah Subussalam, Provinsi Aceh.

Mengetahui informasi tersebut, tim langsung bergerak melakukan pengejaran terhadap pelaku hingga sampai di wilayah hukum Polres Subulussalam dan melakukan koordinasi dengan Polsek Penanggalan.

“Selanjutnya personel Polsek Penanggalan melakukan razia/penyetopan terhadap satu unit mobil transportasi umum merek Himpak, di dalam mobil ditemukan seorang penumpang wanita yang membawa bayi yang ternyata adalah anak yang diculik di Sidikalang,” sebut Rismanto.

Kemudian, tim dari Polres Dairi tiba di Polsek penanggalan pada pukul 20.15 WIB untuk menjemput terduga pelaku penculikan bersama anak bayi tersebut. Pada pukul 22.00 WIB tim membawa pelaku dan bayi kembali ke Sidikalang dari Subussalam.

“Setelah diinterogasi, penjelasan awal pelaku bahwa tujuan yg bersangkutan mengambil bayi adalah untuk dibesarkan sendiri, karena menurut pelaku dokter sudah menyatakan dirinya tidak bisa lagi memiliki keturunan,” sebut Rismanto.

Saat ini terduga pelaku penculikan anak bayi tersebut mendekam di sel RTP Polres Dairi guna mempertanggung jawabkan perbuatannya sementara anak bayi tersebut diserahkan kepada orang tuanya. (red)