Lakukan Duel di Perum Talaga, 4 Pelajar SMP di Caringin Alami Luka Sabetan

SUKABUMI, BeritaTKP.com – Empat pelajar dari SMPN dan SMP Swasta yang berada di Kecamatan Caringin, mengalami luka akibat sabetan celurit.

Mereka duel dua lawan dua yang terjadi di Jalan Raya Caringin, Perum Talaga, Desa Talaga, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (17/12/2022) sekitar pukul 22.00 WIB.

Kasatreskrim Polres Sukabumi, AKP Dian Poernomo (tengah) dan Kapolsek Caringin, Ipda Sugiarto (kanan) menunjukkan barang bukti celurit yang digunakan pelajar SMP tawuran. (FOTO: Dharmawan Hadi)

Kasatreskrim Polres Sukabumi AKP Dian Poernomo mengatakan, peristiwa itu berawal, saat pelajar kedua sekolah tersebut terlibat saling ejek di media sosial (medsos) hingga janji bertemu untuk melakukan tawuran dengan waktu dan tempat yang sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

“Para tersangka sepakat melakukan duel dua lawan dua menggunakan senjata tajam. Setelah janjian, terjadilah perkelahian dengan senjata tajam jenis celurit sehingga mengakibatkan empat tersangka mengalami luka,” kata Kasatreskrim Polres Sukabumi, Senin (19/12/2022).

AKP Dian Poernomo menyatakan, tersangka S (15) mengalami luka di lengan kanan dan telapak tangan kiri. Tersangka C (16) luka di punggung dan lengan kanan. Tersangka DR (15) luka di tangan dan sikut. Sedangkan tersangka H (15) luka di punggung dan masih dirawat di rumah sakit.

“Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Sukabumi menetapkan 11 tersangka dari kedua sekolah tersebut yang masih di bawah umur, antara usia 15 hingga 16 tahun. Alat bukti yang diamankan berupa baju korban yang dipakai pada saat kejadian, 2 unit handphone dan 4 bilah senjata tajam jenis celurit,” ujar AKP Dian Poernomo.

Akibat perbuatannya tersebut, tutur Kasatreskrim, keempat pelaku duel dijerat Pasal 80 ayat (1) dan (2) Undang-undang Perlindungan Anak atau Undang-undang Darurat, Pasal 170 ayat (1) dan (2) KUHPidana dengan ancaman penjara paling lama 7 tahun.

“Mereka disangkakan melakukan tindak pidana kekerasan terhadap anak atau pengeroyokan,” tutur Kasatreskrim Polres Sukabumi.

Sementara itu, Kapolsek Caringin Ipda Sugiarto mengatakan, petugas sering melakukan upaya pencegahan tawuran dengan sosialisasi dan pembinaan kepada sekolah-sekolah di Kecamatan Caringin.

“Upaya kami sudah mendatangi kedua sekolah yang bertikai baik menemui para siswa maupun para guru,” kata Kapolsek Caringin. (red)