Polresta Sidoarjo Siagakan Anjing Pelacak Jelang Nataru

SIDOARJO:BeritaTKP.Com – Polresta Sidoarjo Polda Jatim mulai melakukan persiapan pengamanan menjelang Nataru. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menyiagakan unit satwa K-9 untuk membantu pengamanan.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro melalui Kasat Samapta Polresta Sidoarjo Kompol Warih Hutomo saat ditemui di Polresta Sidoarjo, Selasa (20/12/2022) mengatakan kesiapan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di lapangan.

Unit K-9 atau unit satwa yang dimiliki Polresta Sidoarjo merupakan satwa anjing pelacak yang memiliki kemampuan penangkapan, deteksi, pencarian dan penyelamatan.

“Kami siapkan beberapa Unit K-9 memiliki kemampuan deteksi untuk sterilisasi gereja,” Ujar Kasat Samapta.

Lanjutnya, personil Polri yang tergabung dalam Unit K-9 tersebut sebelumnya telah mngikuti pelatihan khusus K-9 yang diadakan oleh Mabes Polri. Sebagai informasi, Unit K-9 #polrestasidoarjo juga pernah mengikuti pengamanan KTT G20 yang diselenggarakan di Bali, November 2022 lalu.

Unit K-9 tersebut nantinya akan ditugaskan untuk melakukan sterilisasi dan mengamankan gereja serta objek vital selama Natal dan tahun baru. Beberapa Unit K-9 yang terlatih akan bergiliran melaksanakan tugas setiap harinya.

“harapan kami tugaskan Unit K-9 tersebut, dalam rangka untuk memberikan rasa aman kepada Jemaat yang akan melakukan rangkaian ibadah Natal dan tahun baru, serta bergantian melakukan pengamanan di beberapa objek vital,” Ujar Kompol Warih.(ERS)