Gasak HP Milik Turis Korea, 2 Jambret di Riau Didor Polisi

Pekanbaru, BeritaTKP.com – Dua warga di Pekanbaru, Riau, bernama Desriyanto (28) dan Heru Dwi Jayanto (26) ditangkap polisi usai kedapatan menjabret HP milik turis asal Korea.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pria Budi mengatakan kedua pelaku ditangkap tim Resmob Jembalang, Rabu (14/12) pukul 18.30 WIB.

“Benar, telah ditangkap dua orang laki-laki yang diduga sebagai pelaku tindak pidana pencurian di Pekanbaru,” ujarnya, Selasa (20/12/2022).

Pria Budi menyebut pelaku ditangkap usai beraksi di Jalan Sultan Syarif Qasim dekat Hotel Dafam, Selasa (13/12). Para pelaku beraksi dengan motor Vario BM 3699 FR.

“Kejadian malam sekitar pukul 19.30 WIB, korban yang saat itu sedang berjalan kaki untuk melihat Google Map. Tiba-tiba saja datang dua orang pelaku menggunakan sepeda motor langsung merampas 1 unit HP merk Samsung S21 warna pink,” kata Budi.

Setelah menggasak HP, kedua pelaku langsung melarikan diri. Korban yang kehilangan barang langsung melapor dan mengalami kerugian Rp 10 juta.

“Kerugian materil yang dialami korban ini sebesar Rp 10 juta. Langsung ditangani oleh Satreskrim,” jelasnya.

Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru Kompol Andrie Setiawan memastikan korban yakni turis asal Korea, Mi Ran Park (61). Di mana korban saat kejadian sedang melintas dan pakai aplikasi Google Map.

“Iya (turis), Korea. Saat itu sedang melintas pakai Google Map,” kata Andrie.

Tak kurang dari 1×24 jam setelah kejadian Tim Resmob Jembalang akhirnya berhasil membekuk kedua pelaku. Mereka dibekuk di rumahnya daerah Bukit Raya Pekanbaru.

Sementara itu salah seorang pelaku, Heru Dwi akhirnya ditembak karena melakukan perlawanan saat ditangkap. Setibanya di Mapolresta, pelaku mengakui perbuatan tersebut.

“Kedua pelaku mengakui telah melakukan aksi tersebut setelah diamankan. Saat ini sudah ditangani dan ditahan di Mapolresta Pekanbaru,” kata Andrie. (red)