Peduli Buruh ter-PHK, Mahasiswa Fikom UC Adakan Pelatihan ASING (Asah Branding)

Pasuruan, BeritaTKP.com – Adanya PHK massal sebanyak 32 buruh yang bekerja di salah satu pabrik yang ada di Pasuruan ini dilakukan secara sepihak. Hal ini membuat para kepala keluarga tidak mendapatkan penghasilan lagi. Akhirnya mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Ciputra Surabaya bersama Yayasan Kasih Bangsa Surabaya (YKBS) Divisi WADAS (Wadah Asah Solidaritas) mengadakan pelatihan ASING (Asah Branding) untuk para buruh yang terdampak PHK oleh salah satu pabrik yang ada di Pasuruan pada tanggal 18 Desember 2022 yang bertepat di desa Pasrepan, Pasuruan, Jawa Timur.

Foto Mahasiswa Fikom UC bersama YKBS-WADAS dan ex-buruh saat pelatihan ASING (Asah Branding).

Kegiatan ASING ini mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai, tujuan kegiatan ini dilakukan untuk membantu para Ex-Buruh mendapatkan soft skill baru mengenai branding untuk produk yang mereka produksi sendiri. Pelatihan Asing “Asah Branding” ini menghadirkan pembicara yang sudah berpengalaman dalam bidang branding yakni Sekar Mahasiswa Fikom Universitas Ciputra yang memiliki bisnis Wedding Organizer. “Pelatihan branding ini kami lakukan untuk memberikan bekal soft skill kepada para Ex-buruh yang terdampak PHK, karena para buruh ini kan tidak tahu ya cara untuk membangun branding produk mereka yang mereka produksi sendiri,” Ujar Allodia, salah satu mahasiswa Fikom UC.

Pelatihan branding ASING ini dilakukan secara langsung dengan praktik produk yang telah dibuat oleh para ex-buruh. Mereka membuat sabun multifungsi yang langsung dipraktikkan bagaimana melakukan brandingnya. “Kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa tidak hanya belajar di kelas namun berdampak langsung pada masyarakat”, tambah Hilda Yunita selaku dosen FIKOM UC. (Afifah A/red)