BPBD: Gelombang Pasang Air Laut Diperkirakan Akan Terjadi di Pesisir Lamongan pada 24-26 Desember Mendatang

Lamongan, BeritaTKP.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lamongan mewaspadai adanya pasang air laut maksimum di wilayah pesisir Surabaya Barat, termasuk Gresik, Lamongan dan Tuban pada tanggal 24-26 Desember 2022 mendatang. Pasang air laut maksimum di pesisir Lamongan tersebut diperkirakan mulai pukul 21.00-24.00 WIB.

“Wilayah pesisir yang berpotensi terdampak yaitu pesisir Surabaya Barat, termasuk Gresik, Lamongan dan Tuban pada 24-26 Desember 2022 pukul 21.00-24.00 WIB,” kata Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Lamongan Muhammad Muslimim, Rabu (21/12/2022).

Pantai Kutang, Pesisir Lamongan.

Muslimin memaparkan, banjir rob merupakan banjir yang disebabkan kenaikan muka laut, hingga air yang pasang tersebut menggenangi daratan. Banjir semacam ini, terang Muslimin, diakibatkan terjadi pasang air laut yang lebih tinggi dari ketinggian daratan dan banjir rob juga dikenal sebagai genangan.

“Genangan yang ditimbulkan dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan,” ujarnya.

Fase bulan baru, jelas dia, mempengaruhi kondisi pasang surut di bulan Desember 2022 yang berpotensi menyebabkan banjir rob. Banjir rob yang terjadi diperkirakan dengan ketinggian genangan antara 10-30 cm di sekitar pelabuhan dan pesisir wilayah prakiraan.

“Untuk antisipasi terjadinya bencana selama perayaan Natal dan Tahun Baru, kami sudah mendirikan posko yang kami buka selama 24 jam penuh,” tambahnya.

Langkah lain yang dilakukan seiring dengan pembukaan posko bencana ini, pihaknya juga sudah mempersiapkan semua perangkat yang dibutuhkan jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Selain itu, tandas Muslimin, pihaknya juga sudah memiliki relawan yang tersebar di desa-desa yang setiap saat bisa dikerahkan untuk membantu penanganan bencana. “Tim Reaksi Cepat (TRC) juga siap untuk sewaktu-waktu terjadi bencana,” pungkasnya. (Din/RED)