Diduga Berkaitan Dengan Kasus Suap Wakil DPRD Jatim, KPK Turut Menggeledah Kantor Dinas PU Bina Marga Jawa Timur

Surabaya, BeritaTKP.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan upaya penggeledahan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Sampai pada Pada Kamis (22/12/2022) kemarin pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, tim KPK mendatangi Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Provinsi Jatim yang terletak di Jalan Gayung Kebonsari, Kecamatan Gayungan, Surabaya.

“Iya tadi sekitar pukul 09.00 di sini. Tadi ada sekitar tiga sampai empat mobil (dari KPK),” kata salah satu petugas keamanan Dinas PU Bina Marga Jatim.

Meski tahu kantornya didatangi oleh petugas KPK, salah satu pegawai dinas tersebut tidak mengetahui pasti TIM KPK memasuki ruangan mana saja.

Situasi di dalam kantor pun juga berjalan seperti biasanya meskipun ada penggeledahan dari KPK. “Semuanya tetap kerja tadi. Ruangan yang didatangi ya dari permasalahan terkait (dana hibah),” kata salah satu pegawai dinas waktu ditemui di pos satpam.

Waktu ditanya, apakah ada dugaan barang bukti atau dokumen yang dibawa oleh Tim KPK. Pegawai tersebut tidak mengetahuinya. Tim KPK baru keluar dari kantor PU Bina Marga sekitar pukul 16.00 WIB.

Jadi bisa disimpulkan, seperti yang diketahui, upaya penggeledahan yang dilakukan KPK ini diduga berkaitan dengan kasus suap dana hibah yang melibatkan Sahat Tua Simanjuntak Wakil Ketua DPRD Jatim.

Tim KPK juga melakukan penggeledahan di Gedung DPRD Jatim sejak Senin hingga Selasa (19-20/12/2022) dengan membawa total sembilan koper yang diduga berisi barang bukti. Sedangkan pada Rabu (21/12/2022) kemarin, tim KPK menggeledah Kantor Gubernur Jatim dan membawa tiga koper. (Din/RED)