Polda Sumbar Kerahkan 3.500 Personel Untuk Pengamanan Nataru

PADANG, BeritaTKP.com – Polda Sumatera Barat menerjunkan 3.500 personel dalam rangka mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pengamanan ini digelar dalam operasi Lilin.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono di Padang mengatakan, operasi lilin digelar sejak 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

“Untuk jumlah personel ini flexible saat melakukan pengamanan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru,” kata Suharyono, Jumat (23/12/2022).

Dia menambahkan, dari 10.500 personel kepolisian di daerah ini nanti jika diperlukan akan memback up personel yang bertugas.

“Kami juga melibatkan TNI serta unsur forkopimda dan masyarakat dalam melakukan pengamanan ini,” kata dia.

Dia juga mengajak masyarakat untuk terlibat melakukan pengamanan melalui pengamanan individu menjaga diri dan keluarga untuk turut serta melakukan pengamanan lingkungan.

“Kita juga menempatkan personel khusus di jalur lalu lintas dan simpul kemacetan untuk membantu masyarakat yang melakukan mobilisasi,” kata dia.

Dia melanjutkan, hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit agar pelaksanaan Natal dan Tahun Baru ini berjalan dengan aman dan lancar serta tidak ada yang membuat resah.

“Kami imbau warga untuk menjaga situasi aman, tidak ada kumpul massa yang kontra produktif, wujudkan ketertiban dan keamanan,” kata dia. (red)