Kapolres Blitar Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2022

Blitar, BeritaTKP – Bertempat di lapangan apel mapolres Blitar digelar apel gelar pasukan operasi lilin Semeru 2022, Jumat, 23 Desember 2022. Turut Hadir, Bupati Blitar, Hj Rini Syarifah, Amd, Kasdim 0808 Blitar Mayor Inf Johni Marwantono S.H, Kasubden Pom Blitar, Wakapolres Blitar Kompol Roycke H.F.B, S.IP.,S.I.K., M.Si., Para PJU, dan para Kapolsek Polres Blitar.

Kapolres Blitar AKBP Adhitya Panji Anom, S.I.K sebagai pimpinan apel, sekaligus membacakan amanat serentak Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Disampaikan gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana pengamanan secara optimal dan sinergi untuk menghadapi perayaan natal 2022 serta tahun baru 2023 (Nataru).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya kegiatan Nataru pada tahun ini, pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk nataru sehingga berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Oleh sebab itu polri dengan dukungan TNI pemerintah daerah mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin 2022 selama 11 hari mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023 serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari sampai dengan 9 Januari. 2023″, Ungkap Kapolres .

Kapolres menyampaikan pesan presiden RI yang meminta persiapan seluruh sektor dan stakeholder dalam mengantisipasi gangguan dan masalah saat Natal dan tahun baru ini betul-betul disiapkan agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman.

Kapolres juga menginformasikan untuk tetap waspada pada sisi kesehatan di mana masih terdapat potensi terjadinya loncatan covid-19 terlebih kata dia telah muncul subvarian baru omicron yang lebih cepat menular.

Dari sisi keamanan potensi yang harus diwaspadai adalah kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan provinsi. Kapolres juga mengungkapkan potensi ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius maka dikedepankan deteksi dini dan preventif strike guna mencegah aksi-aksi terorisme.

“Untuk mengantisipasi persoalan sosial juga ditekankan penanganan edukasi tanggap bencana dengan melakukan quick respon serta pengendalian ketahanan pangan dan BBM”, Urai Kapolres.

Khusus pengamanan ibadah Natal Kapolres pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi dengan perlibatan TNI dan pihak terkait.

Sedangkan pada pengamanan perayaan malam tahun baru dilakukan pengecatan izin kegiatan keramaian dengan melakukan asesment bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder.

Kepada personel yang dilibatkan Kapolres berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan serta ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah.

“Tanamkanlah dalam diri bahwa apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara serta merupakan bagian ibadah itu sendiri”, Jelas Kapolres.(Hmsres/Muryati)