Banjir Rob Terjang Tiga Desa di Situbondo, 4 Perahu Nelayah Tenggelam

Situbondo, BeritaTKP.com – Tiga desa yang berada di daerah pesisir pantai utara Kabupaten Situbondo terkena terjangan banjir rob, pada Kamis (22/12/2022) kemarin malam.

Tiga desa di antaranya adalah Desa Pesisir dan Desa Demung di Kecamatan Besuki, serta Desa Kilensari di Kecamatan Panarukan.

Tidak ada korban jiwa dalam bencana Banjir rob itu, namun kerugian yang dialami para nelayan mencapai sebesar Rp 728 juta.

Akibat gelombang pasang tersebut, 4 perahu milik nelayan tenggelam dan tiga rumah rusak serta 130  rumah warga tergenangi air.

Salah seorang pemilik perahu selerek, Hariyadi mengaku dirinya tidak dapat menyelamatkan perahunya, karena ombaknya terlalu besar. “Perahu karam karena ombaknya tinggi, ada sekitar dua meter tinggi ombak malam itu,” ujar Hariyadi.

Hariyadi mengatakan, sejak kemarin malam, dirinya bersama seluruh anak buahnya bergotong royong untuk menguras air yang memenuhi perahunya dengan menggunakan mesin. “Alhamdulillah sekarang perahu sudah mengapung,” katanya usai mengurasi air di perahunya.

Meski perahunya berhasil diselamatkan, kata pemilik perahu bernama Komando ini mengatakan, mesin dan dinamo serta jaring rusak. “Semua rusak karena kemasukan air,” tukasnya.

Selain itu, air gelombang laut juga menggenangi pemukiman perumahan warga yang ada disepanjang pesisir Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan. “Ada setinggi lutut orang dewasa air laut yang menggenangi rumah warga,” kata Juhari, nelayan yang lain.

Gelombang besar mulai terjadi sekitar pukul 09.00 WIB dan air mulai surut pada pukul 02.00 WIB. “Anginnya tidak ada, tapi hanya gelombangnya yang besar,” ujarnya. (Din/RED)