14 Narapidana Tahanan Lapas Lamongan Dipindah ke Lapas Pamekasan

Lamongan, BeritaTKP.com – Sejumlah warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang ada di Lapas kelas II B Lamongan dipindah ke Lapas Pamekasan, Madura. Hal ini dilakukan karena Lapas kelas II B Lamongan kelebihan kapasitas.

Kasubsi Keamanan dan Ketertiban Lapas Kelas II B Lamongan, Naim mengatakan, lapas yang idealnya hanya mampu menampung  205 tahanan itu  harus dihuni  607 tahanan. “Kami melaksanakan pemindahan narapidana ke Lapas Pamekasan sebanyak 14 orang keseluruhan dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Supaya proses pemindahan para narapidana ini berjalan dengan lancar, pemindahan akan dikawal langsung oleh tim gabungan dari pengamanan dan staf registrasi.

“Pemindahan ini kami lakukan untuk mengurangi over kapasitas yang terjadi. Yang terpenting, pemindahan ini dilakukakan dengan tetap mengedepankan hak asasi manusia,” terangnya.

Pemindahan narapidana ke Lapas lain tersebut merupakan hal yang sangat wajar, demi mengurangi over kapasitas yang terjadi di setiap lapas yang ada di Indonesia.

Pemindahan dilakukan pada Kamis (22/12/2022) pagi hari lalu, sekitar pukul 05.00 WIB, dengan pengawalan ketat menggunakan kendaraan mobil tahanan dari Polres Lamongan. Pemindahan ini dipimpin langsung oleh kasubsi keamanan dan ketertiban beserta staff keamanan dan staff registrasi. (Din/RED)