Beli Rokok Pakai Uang Palsu, Kakek di Pemalang Ditangkap Polisi

ilustrasi

PURBALINGGA, BeritaTKP.com – Seorang kakek berinisial SM (61) warga asal Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, terpaksa harus digelandang ke Mapolres Purbalingga.

SM ditangkap polisi setelah ketahuan warga mengedarkan uang palsu. Tersangka mengedarkan uang palsu (upal) dengan cara membeli rokok menggunakan upal pecahan Rp100.000  di sebuah warung di daerah pelosok di Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga.

Pemilik warung sempat curiga dengan bukti fisik upal dan langsung lapor ke warga lain. Warga menangkap pelaku yang masih berada tak jauh dari lokasi warung.

Di hadapan polisi, tersangka mengaku terpaksa menjadi pengedar upal karena terlilit utang. Dari catatan polisi, tersangka merupakan residivis kasus pencurian gabah di wilayah Purbalingga.

“Tersangka mendapatkan upal dengan cara membeli dari orang yang baru dikenalnya. Upal sebanyak 25 lembar pecahan Rp100.000 dibeli dengan harga Rp1 juta,” kata Wakapolres Purbalingga, Kompol Pujiono, Jumat (23/12/2022).

“Sedianya tersangka membeli upal dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan berlipat untuk melunasi utangnya. Namun baru dibelanjakan  membeli rokok, tersangka keburu ditangkap,” katanya.

Akibat perbuatannya, tersangka harus kembali mendekam di penjara dan mengubur impiannya mendapat keuntungan berlipat dari menjadi pengedar upal. (red)