110 Rumah Warga Pesisir Pantura Situbondo Tergenang Banjir Air Rob

Situbondo, BeritaTKP.com – Banjir rob melanda permukiman milik warga pada jalur pantura Situbondo. Air banjir bahkan sempat masuk ke dalam rumah warga pada Jum’at (23/12/2022) kemarin malam.

Diketahui air laut menghantam dinding penangkis laut lalu menggenangi permukiman warga di wilayah Besuki, Suboh, Bungaran serta Panarukan.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo Gatot Trikorawan mengatakan, dalam data sementara tercatat sekitar 110 rumah warga tergenang banjir rob.

Kondisi terparah terjadi di wilayah Desa Pesiri Besuki dan Desa Demung. Di lokasi tersebut, ketinggian air yang menggenangi jalan desa dan halaman rumah warga mencapai 30 sentimeter.

BPBD Situbondo Gatot Trikorawan mengatakan pihaknya terus melakukan asesmen pada wilayah tersebut. untuk informasi selanjutnya, pihaknya akan melaporkan hal tersebut ke bupati dan gubernur.

Sejumlah perahu nelayan yang ditambatkan di pantai setempat, ada yang terdampar ke darat. Bahkan ada yang sempat karam meski cuma di pinggir pantai.

Para pemilik perahu tak menyangka banjir rob akan datang. Karena itu, mereka menambatkan perahu di sore hari. Sementara banjir rob datang pada malam hari.

“Kami juga mengimbau agar nelayan jangan melaut dulu. Sebab, cuaca beberapa hari terakhir memang agak ekstrem,” pungkas Gatot. (Din/RED)