Jelang Nataru, 10 Orang Terjaring Narkoba di Blitar Dibekuk Polres Blitar

Blitar, BeritaTKP.com – Jelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) di wilayah hukum Kota Blitar, sebanyak 10 orang tertangkap lewat operasi cipta kondisi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang digelar oleh Polres Blitar Kota.

Semuanya langsung ditetapkan sebagai tersangka sekaligus ditahan karena terbukti mengedarkan narkotika dan obat-obatan (narkoba) terlarang. “Kami menangkap 10 pengedar narkoba,” kata Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono, Sabtu (24/12/2022).

Masing-masing pengedar narkoba tersebut ditangkap di tempat terpisah. Dua orang di antaranya adalah pengedar sabu-sabu. Sedangkan 8 orang lainnya mengedarkan pil koplo jenis dobel L.

Dari tangan mereka, polisi berhasil menyita barang bukti 1,85 gram sabu-sabu, 4.054 butir pil dobel L, uang tunai Rp690.000, enam ponsel, serta alat hisap sabu. “Semuanya langsung ditahan,” ujar Argowiyono.

Para pengedar sabu-sabu terancam hukuman lebih besar. Mereka terancam mendekam 5 tahun di penjara dan maksimal seumur hidup, serta denda Rp10 miliar. Sedangkan pengedar pil koplo terancam minimal menjalani hukuman 5 tahun penjara dan maksimal 10 tahun.

Sementara itu pengungkapan kasus peredaran narkoba, kata Argowiyono dalam rangka pelaksanaan operasi cipta kondisi jelang Natal dan Tahun Baru.

Di saat sama polisi juga menggelar operasi Lilin Semeru 2022. Ratusan personel gabungan Polri, TNI, Satpol PP, Dishub dan kesehatan telah diterjunkan. Kegiatan ini dilakukan mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas saat perayaan Natal dan Tahun Baru. (Din/RED)